Asking Question

SRIPTURE

Lukas 20:2-4 (TB)
2 dan mereka berkata kepada Yesus: “Katakanlah kepada kami dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu, dan siapa yang memberikan kuasa itu kepada-Mu!”
3 Jawab Yesus kepada mereka: “Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Katakanlah kepada-Ku:

4 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia?”

OBSERVATION

Yesus adalah tokoh dalam Alkitab yang paling banyak memberi pertanyaan. Dan beberapa kali bahkan Yesus menjawab pertanyaan dengan pertanyaan.

Pertanyaan adalah sebuah ekspresi keingintahuan seseorang akan sebuah informasi yang dituangkan dalam sebuah kalimat tanya. Dalam hal ini tentu saja Yesus bertanya bukan karena tidak tahu melainkan untuk menjawab pertanyaan sebelumnya karena memang jawaban atas pertanyaan Yesus adalah jawaban dari pertanyaan pertama.

Dari sini saya bisa mendapatkan beberapa kali Yesus bertanya terlebih dahulu sebelum menyembuhkan atau untuk meneguhkan atau untuk menjelaskan, dan juga untuk menyadarkan kondisi orang tersebut yang sebenarnya.

Salah satu pertanyaan Tuhan di dalam Alkitab yang sangat mengubahkan adalah  

Kejadian 3:9 (TB)  Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

Pertanyaan ini ditnyakan bukan karena Tuhan tidak tahu dimana adam dan hawa bersembunyi namun pertanyaan ini ditujukan untuk manusia menyadari akan keadaannya yang sekarang. Itulah sebabnya pertanyaan dimana yang harusnya berarti jawabannya harus menunjukkan posisi malah dijawab adam dengan dengan kondisi yang mereka alami

Kejadian 3:10 (TB)  Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

Pertanyaan Tuhan membuat adam mendeskripsikan apa yang dia alami dan rasakan. Kondisinya saat itu jadi jelas bahwa dia sedang takut. Dia menyadari ketelanjangannya dan oleh karena itu ia bersembunyi.

APPLICATION

Pernahkah Tuhan bertanya kepadamu? Ntah itu lewat suara hatimu atau lewat kotbah yang kita dengar atau lewat pembacaan Alkitab itu? Mari responi pertanyaan itu dengan jujur dan terbuka di hadapan Tuhan. Tuhan peduli dengan hidupmu dan Ia sayang padamu.

PRAYER

Berdoa minta hati yang lemah lembut dan rendah hati seperti hati Yesus dalam hidup kita. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s