Devotion

​If You Know What I Mean

SCRIPTURE

Yohanes 2:19-21 (TB)

19 Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.”

20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: “Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?”

21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

OBSERVATION

Kalau kita membaca perikop di atas secara tersurat maka kita pasti akan merespons seperti orang yahudi yang langsung menguraikan betapa lamanya bait Allah itu dibangun. Dan menunjukkan ketidak percayaan atas perkataan Yesus.

Namun kalau kita mau mengerti makna dibalik kata-kata yang Yesus sampaikan maka kita akan mendapatkan makna yang sesungguhnya kalau Ia sedang menceritakan tentang DiriNya yang kan mati dan akan bangkit pada hari ke 3. Yang dimaksud Yesus adalah diriNya namun yang dimengerti oleh orang yahudi adalah bait Allah secar fisik. Inilah yang dinamakan maksud secara tersirat.

Pengertian arti kata Tersirat ialah Kata Tersirat mengandung arti kata “Tersembunyi” atau yang lebih jelasnya bahwa kalimat kata Tersirat berarti makna kata yang bisa di pahami dengan cara yang tidak langsung, makna dari kata Tersirat bisa di pahami setelah benar-benar membacanya.

Sedangkan untuk pengertian arti kata dari Tersurat adalah kebalikan dari kata Tersirat yaitu sebuah kata yang mudah di pahami maknanya karena makna dari kalimat kata Tersurat itu sudah ada dalam tulisan dari kata-kata tersebut.

Tuhan seringkali berbicara dan bertindak secara tersirat daripada tersurat, mengapa? Karena hanya orang-orang yang mau membaca dan merenungkanlah yang akan bisa mengerti maksud sesungguhnya dari perkataan dan perbuatan Tuhan dalam hidup kita.

APPLICATION

Apakah kita mengerti benar apa maksud Tuhan lewat ap yang kita dengar dari pembacaan Firman Tuhan, dari setiap peristiwa yang kita alami dan kita lihat? Sering kali Tuhan berbicara dengan cara tersirat.

Mungkin engkau pernah bertanya: Mengapa aku harus mengalami ini? Mengapa kita bertanya ini? Karena bagi kita mungkin ini tidak bisa kita mengerti mengapa ini harus terjadi? mungkin kita bisa saja shock akan hal-hal yang terjadi di sekitar kita namun tidak bagi Tuhan, tidak ada hal yang membuatnya terkejut. Dia sudah mengetahui jauh sebelum itu terjadi. Tuhan akan berkata “If you know what i mean” (jika engkau tahu apa maksud dan tujuan) maka kita tidak akan kuatir.

Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Mari kita belajar 2 sikap hati yang penting untuk kita miliki ketika kita sedang berada di tengah-tengah situasi yang belum kita mengerti:

1. Give thanks

Bersyukur artinya kita setuju bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita itu masih ada dalam kendali Tuhan dan Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia yaitu yang terpanggil sesuai dengan rencanaNya (Roma 8:28)

2. Give the best

Kita harus tetap memberikan yang terbaik dengan menyadari bahwa kesengsaraan yang kita alami akan menimbulkan ketekunan, dan selanjutnya tahan uji, lalu pengharapan, dan pengharapan itu tidak mengecewakan. Salah satu tanda kita punya pengharapan adalah kita tekun. (Roma 5:3-5)

PRAYER

Berdoa minta hati yang mau menyelidiki apa maksud dan rencana Tuhan dalam hidup kita. Kita diberikan hati untuk selalu percaya, mempercayakan dan bisa dipercaya oleh Tuhan dengan selalu memberi ucapan syukur dan melakukan yang terbaik dalam hidup ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s