Rejection


SCRIPTURE

Yohanes 4:44 (TB)  sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.

OBSERVATION

Sebagai informasi Yesus hidup di zaman dimana daerah Israel terbagi atas 3 wilayah. Wilayah Galilea di sebelah utara disanalah juga terletak kota nazaret kota dimana Yesus dibesarkan, Yudea di sebelah selatan disinilah terletak kota bethlehem kota dimana Yesus dilahirkan dan diantara ke 2 wilayah ini adalah wilayah Samaria daerah dimana perikop sebelumnya Yesus bertemu dengan wanita samaria.

Peristiwa yang terjadi di Samaria sangat bertolak belakang dengan peristiwa di Yudea. Dapat kita bayangkan, di negeri-Nya sendiri (maksudnya Galilea dan Yudea) Ia ditolak, sebaliknya di Samaria, yang penduduknya dianggap kafir oleh orang-orang Yahudi, Yesus disambut dengan spontan dan semarak. Menakjubkan sekali, karena justru di Samaria Yesus diterima, diperlakukan layak dan memenangkan jiwa.

Apakah ada kekurangan dan kelemahan yang dimiliki Yesus? Tidak ada! Namun ternyata pribadi yang sempurna seperti Yesus saja juga masih bisa mengalami penolakan. Apalagi dengan kita?

APPLICATION
Suka tidak suka penolakan adalah bagian dari proses kehidupan yang akan kita hadapi sebagai orang percaya. Cepat atau lambat juga akan kita alami. So bagaimana menghadapi penolakan ini?

Cara terbaik untuk menghadapi penolakan adalah dengan penerimaan.

1. Kita harus menerima kebenaran bahwa hidup kita berharga di mataNya dan kita ini diciptkaan dahsyat dan ajaib. Tidak perlu ada persetujuan dan pengakuan dari siapapun akan hal itu. Kuta berharga karena pengakuan dan penerimaan manusia. Kita berharga buka. Karena apa yang kita miliki, bukan karena siapa yang kita miliki namun karena siapa yang memiliki kita.

Mazmur 139:14 (TB)  Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

2. Kita harus menerima kebenaran kalau kita ditolak dunia karena Kebenaran, kita diterima Tuhan.

Mazmur 27:10 (TB)  Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.

PRAYER

Berayukurlah karena Dia adalah Pribadi yang mengerti akan arti tertolak dan Dia pribadi yang tidak akan pernah menolak kita kalau kita kembali kepadaNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s