Devotion

​2 Kelompok

SCRIPTURE

Yohanes 7:30-31 (TB)
30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.

31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: “Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?”

OBSERVATION

Kesaksian Yesus tentang Diri-Nya menyebabkan manusia terbagi 2 kelompok. Kesaksian Yesus membagi manusia menjadi dua kelompok. Sebagian percaya kepada-Nya. Sebagian lagi menolak-Nya. Begitu jugalah kelompok yang ada di dunia saat ini yaitu mereka yang percaya kepada Yesus dan yang menolak Yesus.

1. Kelompok yang tidak percaya kepada-Nya

Kelompok yang tidak percaya terdiri dari:

  • orang banyak (ay. 12,20)
    • Orang banyak tidak sampai percaya kepada Yesus. Sebagian mereka hanya berpendapat bahwa Yesus adalah orang baik (ay. 12)
  • Pemimpin-pemimpin agama (ay. 15-24)
    • Pemimpin-pemimpin memberikan penolakan yang lebih keras.
  • Sebagian masyarakat Yerusalem (ay 25-27)
    • Sebagian warga Yerusalem menolak-Nya. Bahkan mereka siap untuk berbeda pendapat dengan pemimpin-pemimpin agama seandainya mereka menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias (ay. 26).

Dalam pandangan mereka Yesus tidak mungkin seorang Mesias karena mereka tahu dari mana asal-Nya (ay. 27). Dalam kesaksian Yesus kepada orang-orang di di Bait Allah (ay. 14), ada satu hal yang sangat penting sekali. Yesus mengatakan bahwa mereka membunuh-Nya (ay. 19). Kata yang dipakai bukan dalam bentuk kata kerja masa depan, melainkan bentuk kata kerja sekarang.

Apa maksudnya? Dalam kalimat sebelumnya Yesus mengatakan bahwa mereka tidak menjalankan hukum Musa (ayat 19). Pembacaan Yohanes (ayat 5:39,46-47) telah mengajarkan bahwa Kitab Suci dan tulisan-tulisan Musa bersaksi tentang Yesus. Kitab Suci menyatakan potret Yesus. Jika mereka tidak melakukan hukum Musa, ini sebenarnya sama dengan membunuh Yesus. Penolakan terhadap Yesus yang tergambar dalam Kitab Suci dan tulisan Musa sama dengan membunuh-Nya. Dengan perkataan lain, ketidakpercayaan kepada Yesus berarti membunuh Yesus.

2. Kelompok yang percaya kepada-Nya

Kelompok ini terdiri dari orang banyak (ayat 31). Orang banyak ini percaya karena melihat banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias dan Anak Allah yang diutus Bapa ke dalam dunia (ayat 28-29).

APPLICATION

Kesaksian tentang Yesus akan membawa penolakan, penolakan, penderitan dan mungkin aniaya. Namun maukah kita berperan untuk bersaksi dan menjadi saksi bagi mereka yang masih menolak Yesus? Sama seperti kepada kita yaang mengasihi Dia, Yesus juga mengasihi orang-orang yang menolak Dia.

Ekspresi kasihNya bisa kita lihat dari:

1 Timotius 2:3-4 (TB)
3 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita,

4 yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

Maukah anda dan saya menjadi perpanjangan kasih-Nya bagi mereka yang menolak Yesus? Kita dulu juga adalah kelompok yang menolak sampai akhirnya kita diperdamaikan denngan-Nya. Dulu kita tidak termasuk kawanan dan cabang yang asli karena awalnya hanya bangsa Israel yang dipilih namun karena ketidaksetiaan bangsa Israel kita yang luar ini dicangkokkan kedalam.

Roma 11:17 (TB)  Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,

Mereka butuh Yesus maukah anda diutus untuk bersaksi dan menjadi saksi di tengah dunia agar mereka dapat terhitung di antara mereka yang percaya kepadaNya?

Roma 10:13-15 (TB)
13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. 
14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

PRAYER

Minta hati yang penuh dengan belas kasihan kepada jiwa-jiwa yang terhilang. Mari tuliskan 5 nama temenmu yang belum percaya kepada Yesus dan berdoakan untuk mereka kepada Tuhan, mohonkanlah anugerah keselamatan dalam hidup mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s