Devotion

Turn Back Hoax

SCRIPTURE

Yohanes 8:31-32 (TB)

31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku

32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

OBSERVATION

Pernah mendengar berita hoax? Hoax memuat berita yang tidak benar namun dikemas sedemikian rupa sehingga begitu mirip dengan kebenaran. Kita akan susah mengenali mana yang hoax kalau kita tidak memiliki pengetahuan akan hal yang benar. Isi dari berita yang tidak benar bisa saja menipu kita,membuat kita kuatir, dan takut.

Hoax = (Inggris) artinya tipuan, menipu. berita bohong ,berita palsu atau kabar burung . Jadi dapat dikatakan bahwa Hoax adalah  kata yang berarti ketidak benaran suatu informasi .

Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri. Sedangkan definisi Hoax menurut wikipedia adalah :”Sebuah pemberitaan palsu; usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. .”

Masalah besarnya adalah berita hoax/bohong lebih disukai orang-orang daripada hal-hal yang berisi kebenaran. Berdasarkan sebuah Analisa yang dipublikasikan oleh BuzzFeed , Berita palsu atau hoax ternyata lebih banyak disukai oleh masyarakat , hal ini terbukti dengan berita palsu mampu mendapatkan jumlah share ke social media yang sangat tinggi .

Bahkan berita bohong mampu mengalahkan berita – berita faktual yang dipublikasikan oleh  New York Times, the Washington Post dan CNN. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, banyak pengguna social media yang membagikan berita-berita palsu dan tidak sedikit juga dari mereka yang mempercayai isi berita tersebut. Media massa dan social sangat suka memblow up berita-berita yang bombastis yang belum tentu benar demi meningkatkan rating siarannya, dna meningkatkan jumlah view dan followernya.

Hal ini mengingatkan saya akan satu pribadi yang dikenal sebagai bapa segala dusta yaitu iblis.

Yohanes 8:44 (TB)  Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Ada banyak kebohongan yang ada disekitar kita yang bisa saja menipu dan membuat iman kita mati. Alkitab bahkan sudah memperingatkan kita akan kebohongan dan kepalsuan yang akan masuk ke dalam gereja bahkan misalnya:

1. Banyak nabi-nabi palsu

Matius 7:15 (TB)  “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

2. Rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, pelayan-pelayan palsu bahkan iblis menyamar sebagai malaikat terang.

2 Korintus 11:13-15 (TB)
13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.

15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

APPLICATION

Bagaimana menghadapi berita Hoax atau kebohongan di dunia ini? Belajar dari kisah bagaimana para teller bank diajar untuk mengenali uang palsu. Dikatakan dalam pelatihan mereka cukup diajarkan untuk bagaimana mengenali uang yang asli secara terus menerus akan membuat para teller akan dengan mudah segera mengenali dan membedakan mana uang yang asli dan palsu

Untuk bisa mengenali yang palsu kita harus mengenali yang asli dahulu. Tanpa itu kita akan sulit membedakan mana yang asli dan yang palsu. Mana yang benar dan mana yang tidak.

Mari kita belajar 3 respons ini dalam menghadapi kebohongan, berita palsu, gosip dan lain-lain yang serupa dengan itu.

  1. Selalu Ingat! Tidak Semua Yang Kamu Baca Di Internet Dan Social Media, berita yang kamu dengar dari orang lain Adalah Benar. So jangan langsung telan mentah-mentah semua informasi yang kita dengar.
  2. Jangan Mudah Terprovokasi/bereaksi
  3. Segera verifikasi dari Sumber Yang Kredibel yaitu Firman Tuhan (Alkitab). Dan juga langsung verifikasi ke orangnya jika itu berhubungan dengan orang.

Untuk bisa mempunyai respons di atas maka Yoh 8:31-32 mengajarkan kita HARUS Tetap hidup di dalam Firman. Hadapi kebohongan dengan kebenaran. Bacalah alkitabmu setiap hari, galilah dan hidupilah Firman yang ada di dalamnya. Firman yang adalah kebenaran itulah yang akan membebaskan kita dari hal-hal yang tidak benar. Dengan mengetahui kebenaran anda tidak akan mudah dibohongi.

PRAYER

Minta supaya hati kita dipenuhi oleh Firman Dan RohNya agar hidup kita senantiasa dapat hidup dipimpin oleh Kebenaran yang akan memerdekakan kita.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s