Devotion

Live An Abundant Life

SCRIPTURE

Yohanes 10:10 (TB)  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

John 10:10 (NKJV)  The thief does not come except to steal, and to kill, and to destroy. I have come that they may have life, and that they may have it more abundantly.

OBSERVATION

Siapa sih yang tak ingin memiliki hidup yang berkelimpahan? Itu pasti merupakan hal yang dirindukan banyak orang, walau bisa saja makna berkelimpahan bagi tiap orang bisa berbeda.

Melalui perumpamaan gembala, pintu, dan domba-domba, Yesus menyatakan bahwa kedatangan-Nya ke dunia adalah untuk memberi hidup yang berkelimpahan (ay 10). 

Gambaran Yesus sebagai gembala dan pintu bagi umat sebagai kawanan domba merupakan gambaran yang lazim pada zaman itu. Pada masa itu, kandang domba hanya memiliki satu pintu. Lewat pintu itu, domba-domba dibawa masuk ke dalam kandang sehingga terlindung dari mara bahaya dan selalu selamat. Lewat pintu itu juga mereka dibawa keluar untuk menemukan padang rumput dan makan sekenyangnya (ay 9).

Pintu memberikan jaminan keselamatan bagi kawanan domba. Gambaran Yesus sebagai pintu menyatakan bahwa Yesuslah satu-satunya jalan keselamatan yang membawa orang percaya kepada hidup. Hanya melalui Yesus sajalah seseorang menemukan hidup.

Hidup yang Yesus berikan itu bukanlah hidup yang biasa, melainkan hidup yang penuh dan berkelimpahan. Bahasa aslinya menggunakan bentuk perbandingan untuk menyatakan hidup dalam tingkatannya yang tertinggi. Hidup bukan dalam arti biologis saja melainkan menunjuk pada suatu kualitas hidup: hidup yang utuh, yang mengenal Allah sebagai satu-satunya Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang telah Dia diutus (Yoh 17:3). 

APPLICATION

Hidup sejati ini bukanlah sesuatu yang baru dialami pada masa mendatang (setelah kematian), tetapi sudah dialami mulai dari sekarang. Hidup yang kekal adalah kualitas hidup yang sudah dialami sekarang pada saat seseorang mengenal Yesus, dan kualitas hidup yang demikian itu memiliki nilai abadi.

Hidup yang sejati tidak dimulai dengan memiliki apa dan siapa tetapi dengan mengetahui kita ini milik Siapa. Kualitas hidup yang bagaimana yang kita miliki? Bersyukurlah dan berbahagialah jika kita sudah menerima hidup yang Yesus berikan: hidup yang penuh dan berkelimpahan. 

PRAYER

Beryukur karena Hidup yang Yesua tawarkan kepada kita adalah bukan sekedae hidup namun hidup yang berkelimpahan (hidup yang sepenuhnya hidup). Berdoa naikkan 5 nama temenmu yang belum percaya dan menerima Yesua sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara Pribadi. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s