Devotion

Dibersihkan Untuk Semakin Berbuah

SCRIPTURE

Yohanes 15:1-3 (TB)
1 “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 15:3 (FAYH)  Ia telah memelihara kalian serta membersihkan kalian dengan perintah-perintah yang telah Kuberikan kepada kalian, agar kalian lebih kuat dan lebih berguna.

John 15:3 (CEV)  You are already clean because of what I have said to you.

OBSERVATION

Berikut ini adalah proses pemeliharaan tanaman anggur di Israel. Ranting-ranting yang tidak dapat berbuah dipangkas pada bulan Februari atau Maret. Pembersihan ini kadang menjadi begitu drastis sehingga hanya pokok anggur saja yang tinggal, dan semua ranting yang ada dibuang. Pada bulan Agustus, setelah daun-daun tanaman anggur muncul, tahap pembersihan yang kedua dilakukan: tunas-tunas kecil dipangkas, supaya getah tanaman lebih kuat mengalir pada ranting yang akan berbuah. Tanaman anggur dipangkas supaya getah tidak mengalir pada daun-daun dan ranting-ranting yang tidak berguna bagi pengusaha.

Supaya kita berbuah lebih banyak seringkali Tuhan akan memangkas hal-hal yang berlebihan dan terlalu mendistorsi, yang menghalangi pertumbuhan dan kemampuan kita untuk menghasilkan buah. Seperti halnya ranting yang terbaik juga pasti memiliki cacat, begitu juga dalam hidup kita ada sesuatu yang harus dipotong, misalnya pemikiran, keinginan atau kecenderungan berlebihan, yang perlu dibersihkan. Kristus telah berjanji untuk melakukannya melalui firman, Roh, dan pemeliharaan-Nya. Semuanya itu akan dipangkas sedikit demi sedikit pada musimnya yang tepat.

Bagaimana Firman itu kemudian memelihara dan membersihkan hidup kita? Itu telah dijabarkan dalam:

2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Firman itu akan:

  1. Mengajar
  2. Menyatakan kesalahan
  3. Memperbaiki kelakuan
  4. Mendidik orang dalam kebenaran

APPLICATION

Adakah hal- hal yang selama telah mendistorsi dan menghalangi kita untuk berbuah lebih lebat bagiNya? Kalau ada, anda perlu jujur kepada Tuhan dan meninggalkannya. Anda butuh FirmanNya untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik anda di dalam kebenaran. Anda bisa menyatakannya juga kepada saudara seiman untuk bisa membantu dan mendoakan anda.

Ataukah pengalaman pembersihan dan pemotongan itu sedang anda alami sekarang? Saya tahu benar itu pasti sakit dan tidak enak ketika berada di dalam proses itu, namun percayalah hal itu akan membuatmu makin tajam dan berbuah bagi kerajaanNya. Kalaupun anda sudah pernah mengalaminya ingatlah untuk selalu disiplin dan jujur di hadapan Tuhan di dalam memeriksa hidup kita apakah ada hal-hal yang perlu kita potong dari hidup kita.

PRAYER

Berdoa agar Tuhan menyatakan hal-hal yang perlu dipotong dan dibersihkan dari hidup anda, ntah itu perkataan, perbuatan, kebiasaan atau karakter anda. Dan mintalah Tuhan mengajar, memperbaiki kelakuan dan mendidik kita di dalam kebenaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s