Tetelestai

SCRIPTURE

Yohanes 19:30 (TB)  Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

OBSERVATION

Sudah selesai (Yunaani = Tetelestai), artinya, pekerjaan penebusan dan keselamatan manusia kini segera dituntaskan, bagian yang tersulit sudah lewat. Kristus tidak cuma memulai namun dia sudah menjalani tugas-Nya dan menyelesaikannya (Yoh 17:4). Yesus memberi teladan kepada kita bagaimana memulai dan menjalani sampai akhir. Dia bukan pribadi yang berhenti di tengah jalan.

APPLICATION

Adakah hal-hal di dalam hidup ini yang kita begitu semangat memulainya namun tidak pernah mengakhirinya dengan baik? Hal-hal apa sajakah itu? Mungkin itu hal-hal rohani seperti menyelesaikan pembacaan alkitab selama setahun atau hal-hal sehari-hari seperti diet untuk memiliki tubuh yang ideal?

Jadilah anak muda yang tidak cuma hebat memulai namun juga menyelesaikan sampai akhir. Untuk bisa menyelesaikan sesuatu yang kita mulai dibutuhkan konsistensi dan persistensi. Dan terakhir yang sangat penting adalah dengan menyadari bahwa ketika Tuhan yang memulai dalam diri kita maka Dia yang akan memampukan dan memperlengkapi kita untuk menyelesaikan sampai akhir. 

Filipi 1:6 (TB)  Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Anda tidak dipanggil untuk memulai namun untuk menyelesaikan sampai akhir (tetelestai)

PRAYER

Berdoa minta penyertaan Tuhan di dalam hidup kita. Percayalah kalau Dia memanggil maka Dia akan menyediakan. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s