Supaya Kamu Percaya

SCRIPTURE

Yohanes 20:30-31 (TB)

30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,

31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

OBSERVATION

Setiap kitab meski ditulis untuk suatu tujuan tertentu, diarahkan kepada pembicara tertentu pada masa tertentu namun selalu relevan dengan masa kini. Membaca Firman tanpa mengenal Tuhan lebih dalam adalah suatu aktivitas rohani yang sia-sia. Harusnya kita semakin percaya kepadaNya karena untuk itulah alasan mengapa semua Firman itu dituliskan kepada kita.

Di ending dari pada pasal 20 kita bisa mengetahui tujuan dari penulisan ini adalah supaya kita percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah yang hidup.  Ada begitu banyak tanda yang membuktikan siapa Yesus yang tidak tercatat di dalam kitab yohanes ini. Sangking begitu banyaknya bahkan nanti besok dalam pembacaan Yohanes 21 kita dapat menemukan pernyataan yang luar biasa yang berkata:

Yohanes 21:25 (TB)  Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Saya takjub dengan gambaran yang mengatakan bahkan dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu, mengapa? Bukannya apa yang Yesus lakukan dahulu sewaktu Dia ada di dunia ini sudah terangkum semua dalam 4 kitab injil (matius, markus, lukas dan yohanes)? Mengapa bisa demikian? Apakah itu hiperbola? Tidak sama sekali!!! Karena itu berarti Dia masih terus bekerja sampai hari ini!!! Dan kalau kita mau menuliskan semua hal yang Dia kerjakan dalam setiap hidup manusia dari masa penciptaan maka dunia ini pun tidak dapat memuatnya.

APPLICATION

Setelah kita membaca kitab Yohanes sampai pasal ini. Apakah kita sungguh percaya bahwa Dia adalah Mesias, Juru Selamat yang dijanjikan itu? Percaya bahwa Dia adalah anak Allah? Apakah engkau percaya kepada namaNya yang ajaib? Yaitu Yesus Kristus? Untuk itulah mengapa kita membaca kitab Yohanes selama ini. Yesus adalah SATU-SATUNYA JURU SELAMAT DAN TUHAN KITA. Tidak ada lagi jalan lain. 

Sudah terlalu banyak tanda yang telah membuktikan KeilahianNya, Dia Mesias, Dia Kristus, buktinya ada di dalm setiap kitab yang bisa kita baca dari alkitab. Karena semua kitab dalam alkitab ini menunjuk kepada pribadi Yesus. Bahkan ada banyak tanda-tanda yang ada disekeliling kita ntah itu mujizat, kesaksian dari orang-orang dll. Semua ini ditujukan kepada kita SUPAYA KITA PERCAYA. Masihkah kita ragu? Harapkan Tuhan bekerja dalam hidupmu karena Ingat Dia terus bekerja sampai hari ini. 

PRAYER

Nyatakan iman percayamu kepadaNya. Akuilah bahwa Dia adlah Tuhanmu, Juru Selamat satu-satunya dalam hidupmu. Dan serahkan hidupmu kepada Tuhan untuk dipakai sebagai alat untuk mengenalkan PribadiNya melalui hidup kita supaya mereka dapat percaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s