Devotion

Tidak Sia-sia

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 4:1-4 (TB)
1 Ketika Petrus dan Yohanes sedang berbicara kepada orang banyak, mereka tiba-tiba didatangi imam-imam dan kepala pengawal Bait Allah serta orang-orang Saduki.
2 Orang-orang itu sangat marah karena mereka mengajar orang banyak dan memberitakan, bahwa dalam Yesus ada kebangkitan dari antara orang mati.
3 Mereka ditangkap dan diserahkan ke dalam tahanan sampai keesokan harinya, karena hari telah malam.

4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira lima ribu orang laki-laki.

OBSERVATION

Meski akhirnya Petrus dan Yohanes ditangkap karena memberitakan Yesus dikatakan pada ayat yang ke 4 bahwa mereka yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percsya sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira 5000 orang laki-laki.

Respons dari orang yang mendengar Firman Tuhan cuma 2, menolak atau menerima itu saja. Dari perikop ini kita bisa belajar bahwa usaha kita dalam memberitakan Firman Tuhan ntah itu lewat kesaksian, lewat postingan ayat di instagram, postingan video singkat yang memberkati, lewat apa saja tidak ada yang sia-sia.

APPLICATION

Sudahkah anda pernah dengan sengaja memberitakan Firman lewat apa saja? Inilah janji yang membuat kita jangan takut ditolak ketika memberitakan Firman. 

Yesaya 55:11 (TB)  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Setiap Firman yang kita ucapkan melalui perkataan kita tidak ada yang akan kembali dengan sia-sia. Bagian kita beritakan saja. Jangan takut ditolak karena setiap jerih payah kita tidak akan sia-sia.

1 Korintus 15:58 (TB) Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

PRAYER

Berdoalah meminta hidup kita dipenuhi Roh Kudus sehingga kita memiliki keberanian untuk memberitakan Kabar baik, Minta Tuhan meneguhkannya dengan tanda-tanda yang ajaib. Seperti yang ada dalam perikop ini.

Kisah Para Rasul 4:29-31 (TB)
29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.
30 Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus.”

31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s