Devotion

​Kualitas Pelayan

SCRIPTURE

Kis 6:3-6

6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,

6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman.”

6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

6:6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itu pun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.

OBSERVATION

Dari perikop ini kita dapat menemukan 3 kualitas kunci dari pelayan pada awal masa gereja mula-mula adalah:

– Terkenal Baik (“Martureo” = menjadi saksi)

– Penuh iman (“Sophia” = wisdom – Kebijaksanaan)

– Roh Kudus (“Hagios Pneuma”)

APPLICATION

Mari kita jadikan ini sebagai ukuran dari kualitas kita sebagai pelayan Tuhan:

– Bagaimana dengan kesaksian kita di tengah masyarakat? Menjadi saksi dan bersaksi adalah 2 hal yang berbeda. Tidak cukup hanya tahu banyak Fiman, yang paling penting adalah bagaimana Firman yang kita tahu itukita hidupi dan itu menjadi sebuah kesaksian bagi orang di sekitar kita.

– Apakah kita semakin bertumbuh dalam kebijaksanaan? ayo tambahkan porsi bacaan alkitabmu dengan membaca kitab Amsal karena kitab amsal banyak berisi basihat dan hikmat. Anda juga dapat meminta hikmat jika anda kekurangan hikmat. (Yakobus  1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit –, maka hal itu akan diberikan kepadanya.)

– Apakah hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus? Apa tandanya? tanda yang jelas bukan hanya berbahasa roh saja namun menjadi saksi yang berkuasa. (Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Sabmaria dan sampai ke ujung bumi.”

PRAYER

Berdoa meminta agar hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus dan hikmat serta dimampukan untuk menjadi saksi di tempat dimana kita ditempatkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s