More Like Jesus

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 7:60 (TB)  Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: “Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!” Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.

OBSERVATION

Menjadi serupa Kristus di saat-saat damai dan tentram tentu mudah, namun bagaimana kalau kita sedang diperlakukan tidak adil? Bagaimana kalau kita sedang disakiti? Sedang dikecewakan? Kita dipersalahkan padahak kita tidak salah? Apakah kita tetap bisa menjadi serupa Kristus di saat-saat seperti itu?

Tentu tahu dan melakukan adalah dua hal yang sangat berbeda. Mengetahui karakter Kristus dan menjadi seperti diriNya adalah hal yang sanhat berbeda. Siapa kita sebenarnya akan muncuk ketika tidak ada yang melihat dan ketika kita sedang mengalami tekanan.

Stefanus ketika dia terdesak dan dirajam mati, hal yang dia lakukan adalah dia berdoa dengan nyaring seperti yang pernah Yesus lakukan yaitu untuk mengampuni orang-orang yang menyalibkan diriNya. Lukas 23:34 (TB)  Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.  

APPLICATION

Kalau anda kecewa, disakiti, difitnah, apakah anda masih bisa berdoa untuk mengampuni orang yang telah menyakiti anda? Mudah untuk mengatakannya namun sulit untuk melakukan. Saat anda berada di situasi terdesak apakah anda masih bisa merespons dengan baik dan benar? Sebelum memberi reaksi bertanyalah dan renungkan kalau Yesua ada di posisimu apakah yang akan Dia lakukan? Respons apa yang akan dia berikan? Cobalah baca di alkitab dan carilah respon Yesus atas orang-orang yang berusaha membunuh diriNya. Singkatnya tanyakan WWJD (What Would Jesus Do) jika Yesus ada diposisimu sekarang.

PRAYER

Berdoa agar kita diproses tiap hari makin serupa dengan Kristus. Kita memiliki karakter Kristus dalam hidup kita. Berdoa dan bertanyalah kepada Yesus apa yang harus kita lakukan dalam situasi yang kita alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s