​Mengaku Kristen

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 11:26 (TB)  Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

OBSERVATION

Kata “Kristen” (Yun. “christianos”) hanya digunakan tiga kali dalam PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini berarti seorang hamba atau pengikut Kristus. Namun dewasa ini telah menjadi istilah umum yang kehilangan arti aslinya dari PB.

Nama ini seharusnya menunjuk kepada Nama Penebus kita (Rom 3:24), ide tentang hubungan intim kita dengan Kristus (Rom 8:38-39) dan pikiran bahwa kita menerima Dia sebagai Tuhan kita (Rom 5:1) dan sumber keselamatan kekal (Ibr 5:9). Mengaku nama “Kristen” berarti bahwa Kristus dan Firman-Nya telah menjadi kekuasaan utama kita dan satu-satunya sumber pengharapan kita untuk masa depan (Kol 1:5,27).

Hal lain yang saya dapatkan adalah murid-murid itu disebut Kristen oleh orang lain dan bukan mereka sendiri yang menyebut diri mereka Kristen. Berbeda dengan masa kini, banyak yang mengaku seorang Kristen namun orang lain sulit membedakan atau menemukan Kristus dalam hidup mereka. Mereka disebutkan Kristen oleh karena buah yang mereka hasilkan.

APPLICATION

Identitas Kristiani kita selama ini apakah itu karena pengakuan diri kita sendiri sajakah atau memang juga pengakuan dari orang-orang yang ada di sekitar kita? Milikilah Karakter dan perbuatan Kristus dalam hidup kita. Jadilah teladan dalam perkataan, kelakuanmu, kesetiaanmu dan kasihmu.

Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

PRAYER

Berdoa agar kita terus bisa diubah serupa Kristus. Hidup kita boleh memuliakanNya dimanapun kita ditempatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s