Devotion

Berpikir Sebentar

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 12:12 (TB)  Dan setelah berpikir sebentar, pergilah ia ke rumah Maria, ibu Yohanes yang disebut juga Markus. Di situ banyak orang berkumpul dan berdoa.

OBSERVATION

Ayat di atas terjadi setelah Petrus keluar dari penjara dengan cara yang ajaib yakni atas bantuan seorang malaikat yang membangunkan lalu kemudian melepaskan semua belenggu dan membawanya keluar dari penjara. 

Hal pertama yang dilakukan Petrus ketika dia keluar dari penjara secara ajaib adalah dia berpikir sebentar untuk membuat rencana apa yang akan dia lakukan. Tahukah anda bahwa membuah rencana adalah hal yang sangat rohani yang bisa kita lakukan. 

Allah memiliki rencana dalam hidup kita sebelum kita diciptakan (Kej 1:26). Yesus datang pun adalah rencana penyelamatan dari Bapa sehingga setiap orang percaya kepadaNya diselamatkan (Yoh 3:16). Bahkan Yesus dalam pelayanannya di bumi juga membuat rencana dan tidak cuma asal ngeflow aja. Yesus sudah merencanakan untuk dengan sengaja tinggal lebih lama ketika mendengar lazarus sakit. 

Yohanes 11:6-7 (TB)
6 Namun setelah didengar-Nya, bahwa Lazarus sakit, IA SENGAJA TINGGAL dua hari lagi di tempat, di mana Ia berada;

7 tetapi sesudah itu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Mari kita kembali lagi ke Yudea.”

Bahkan Yesus bergerak dengan time frame yang jelas. Dia tahu kapan dan dimana dia harus melayani. Yesus tidak hidup dengan ngeflow aja. So sebagai murid (imitator dari sang guru) kita pun harusnya mempunyai rencana dalam hidup dan tidak asal ngeflow saja.

APPLICATION

Ada kutipan yang berkata “Jika engkau gagal merencanakan, maka engkau merencanakan untuk gagal”. sebuah kutipan yang mengingatkan kita bahwa Tuhan memberikan kita akal budi supaya kita juga bisa membuat rencana dan goal setting kita. 

Membuat rencana bukan berarti menggantikan rencana Tuhan. Namun bergumul agar rencanaNyalah yang kita lakukan dlm hidup kita. So mari kita gumulkan apa yang menjadi kehendakNya untuk kita capai di tahun ini bersama Tuhan. Belajar peka apa yang Tuhan mau kita capai di tahun ini. Bukan cuma apa yang kita mau capai. Dan yang terpenting Jangan lupakan Tuhan dalam perencanaanmu. 

Yakobus 4:13-15 (TB)
13 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”,
14 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

15 Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”

PRAYER

Berdoa agar kita boleh mengetahui apa yang menjadi kehendakNya dalm hidup kita dan Tuhan memberkati kita pemikiran kita untuk bisa membuat perencanaan yang bisa memuliakanNya. Berdoa agar kita memiliki pikiran dan perasaan yang sama juga terdapat dalam Kristus. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s