Opportunity & Threats

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 13:6-8 (TB)
6 Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.
7 Ia adalah kawan gubernur pulau itu, Sergius Paulus, yang adalah orang cerdas. Gubernur itu memanggil Barnabas dan Saulus, karena ia ingin mendengar firman Allah.

8 Tetapi Elimas — demikianlah namanya dalam bahasa Yunani —, tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya.

OBSERVATION

Ini adalah rangkaian perjalanan Paulus yang pertama ke pulau Siprus. Ketika dia mengelilingi seluruh pulau sampai ke Pafos, mereka bertemu dengan seorang Yahudi yang bernama Baryesus yang seorang tukang sihir dan nabi palsu namun ia adalah kawan gubernur Siprus dan Baryesus selalu mencoba untuk membelokkan gubernur itu dari imannya.

Dari perikop yang singkat ini kita bisa belajar bagaimana kita mrmulai seluatu pelayanan di tempat yang baru bagi kita. Berikut beberapa langkah yang bisa kita temukan dalam perikop ini:

1. Mapping

Mengelilingi adalah kegiatan mapping untuk mengetahui kondisi geografi dan demografi dari daerah yang mereka akan layani. Kita perlu tahu dahulu siapa mereka yang kita layani, apa kebutuhan mereka, apa latar belakang sejarah daerah itu, budaya apa yang diadopsi di daerah itu. Sehingga pelayanan kita akan efisien karena kita tidak sembarangan saja memukul. 

2. Mencari Contact Person

Dalam sebuah perintisan biasanya Tuhan akan mempertemukan kita dengan orang-orang yang kunci yang akan membantu kita, mereka uang akan mebolong kita di perintisan tersebut. Langkah 1 dan 2 adalah untuk mencari Opportunity dalam pelayanan kita.

3. Akan ada selalu ada Threats (Tantangan)

Tantangan dalam perikop ini justru datang dari dalam yaitu orang yahudi yang bernama Baryesus. Namun kuasa Tuhan menyertai pelyanan Paulus sehingga terjadi konfrontasi dengan kuasa kegelapan sehingga membuat Baryesus menjadi buta dan hal ini membuat gubernur tersebut menjadi percaya dan ia takjub akan ajaran Tuhan. (ay. 12)

APPLICATION

Apakah anda sedang mau memulai sebuah penginjilan? Perintisan di kampus, fi kantor anda? Mari kita lakukan 3 hal ini:

1. Mapping

Cobalah menggambar dalam sebuah kertas yang lumayan besar geografi dan demografi di daerah yang anda layani. Apakah ada tempat-tempat praktek kegelapan di sekitar kita? Tempat mabuk, judi, rawan kecelakaan. Atau tempat-tempat ibadah dari agama lain? Atau potensi-potensi sperti ada perumahan, sekolah, atau dll. Doakan kertas itu di hadspan Tuhan. Perangi kuasa kegelapan di daerah itu. Karena ingat. Matius 12:29 (TB)  Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.

2. Mencari Contact person

berdoa untuk orang-orang damai yang siap untuk dibertitakan injil. Atau orang-orang yang menerima kita. Bangunlah persahabatan dengan mereka. Bawa mereka dalam doamu.

3. Tantangan

Doaka lah keluarga atau orang yang membutuhkan kesembuhan, mujizat. Kalau ada kuasa kegelapan yang merintangi mari lawan dan hadapi minta hilmat dari Roh Kudus.

PRAYER

Doakan tempat dimana saat ini anda sedang ditempatkan. Doakanlah mapping anda, orang-orang kunci dan jg penghalang-penghalang yang mungkin ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s