Devine Intervention

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 16:6-10 (TB)
6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.
7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.
8 Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas.
9 Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: “Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!”

10 Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.

OBSERVATION

Kita bisa melihat peranan Roh Kudus begitu penting dalam pelayanan Paulus. Berkali-kali Roh Kudus melakukan intervensi dalam jadwal atau rute pelayanan Paulus sehingga membuat mereka berulang kali mengubah rute pelayanan mereka. Dan melalui mimpi akhirnya mereka dituntun untuk melayani orang-orang di makedonia. Ketika mereka diintervensi oleh Tuhan mereka sehingga mereka harus berulang kali mengubah rute pelayanan mereka tidak membuat mereka melayani dengan keluhan, atau jadi oagah-ogahan.

APPLICATION

Pernahkah anda merencanakan sesuatu namun ketika dijalankan tidak seperti yang kita inginkan, spertinya melenceng jauh dari maksud semula kita? Kalau kita mau hidul di dalam Tuhan, kita harus membiarkan Tuhan mengintervensi setiap rencana dalam hidup kita. Apa respons anda terhadap intervensi Tuhan dalam hidup anda? Apakah anda bisa menerima intervensi ini? Atau malah anda menjadi kecewa lalu menolak Tuhan?

Memang rencanaNya tidak selalu sejalan dengan rencana kita. Ingatlah Yesaya 55:9 (TB)  Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Tetapi ingatlah bahwa rencanaNya selalu yang terbaik dalam hidup kita. Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Berilah ruang sebesar-besarnya kepada Roh Kudus untuk menintervensi hidupmu. Dan kalau anda sedang mengalaminya, relakanlah dirimu untuk diintervensi, cemplungkanlah dirimu dalam rencanaNya. Karena intervensinya adalah bukti bahwa Dia mengasihi kita, Dia mau kita memiliki apanyang telah Dia sediakan sebelumnya untuk kita yaitu apa yang terbaik dan bukan cuma apa yang baik.

PRAYER

Serahkan dirimu kedalam pemeliharaan Allah yang sempurna. Berikan Dia akses penuh atas hidupmu, atas keinginanmu, atas rencanamu, atas apapun yang engkau miliki. Harapkanlah intervensinya dalam hidupmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s