Healthy Teaching

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 17:11
11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya (noble minded) dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

OBSERVATION

Dari 2 ayat ini saya mendapatkan bagaimana menjadi orang percaya yang tetap memiliki hati yang mau belajar dan tetap sehat dalam pengajaran. Ada 2 hal yang dilakukan oleh orang-orang yahudi di Berea:

1. Punya kerelaan hati untuk diajar

Kita tahu bahwa Firman itu bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik kita dalam kebenaran (II Tim 3:16). Dan ketika teguran itu memang awalnya akan terasa tidak enak dan sakit oleh karena itu kita harus mengingat bahwa setiap ganjaran itu meski pertama mendatangkan dukacita namun kemudian itu akan menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya (Ibrani 12:11)

2. Mengecheck kembali apa yang telah diajarkan

Orang yahudi di berea dikatakan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. Untuk bisa terus sehat dalam pengajaran kita perlu menyelidiki dan menguji setiap hal yang diajarkan kepada kita. Waspada kepada pengajaran yang tidak sehat apalagi sesat. Ingatlah bahwa pengajaran yang sesat sering kali dibungkus dengan hal-hal yang serasa benar. Diperlukan kepekaan akan kebenaran dalam hal ini supaya kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Itulah sebabnya Firman dalam 1 Yoh 4:1 mengajarlan kepada kita untuk tidak langsung percaya kepada setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah sebab banyam nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

APPLICATION

Untuk bisa tetap hidup dalam pengajaran yang sehat maka dalam semua pengajaran Firman ingatlah untuk penting memiliki 2 sikap hati ini yaitu:

1. Hati yang mau diajar (memiliki kerelaan hati)

2. Sikap hati yang terus menguji apakah ini berasal dari Allah atau tidak dengan mengeceknya sesuai dengan Firman Tuhan.

PRAYER

Mari kita berdoa untuk memiliki kerelaan hati dalam mempelajari Firman dan juga ketekunan untuk mengecheck

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s