Bound In The Spirit

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 20:22-23 (TB)
22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku.

OBSERVATION

Ada beberapa level peran Roh Kudus dalam hidup kita:

  1. Tanpa Roh Kudus
  2. Dipenuhi oleh Roh Kudus (masih punya hak atas diri sendiri)
  3. Dipimpin/Ditawan oleh Roh Kudus (menyerahkan hak itu kepada Tuhan)

Kata tawanan disini dalam bahasa yunani yaitu “δέω (deo)” yang artinya untuk untuk mengikat, diletakkan di bawah kewajiban, hukum, tugas dll. Dalam terjemahan lain juga menyebutkan kata (diikat oleh Roh (AYT), perintah Roh Kudus (BIS, FAYH), dibelenggu oleh Roh (ILT), dan wajib menaati (TSI)

Status tawanan artinya adalah orang yang ditangkap/ditahan. Sebagai tawanan tentu saja tidak mempunyai kebebasan, tidak punya hak untuk dirinya sendiri bahkan, hampir sama dengan arti kata budak. Satu-satunya respons adalah menaati, menuruti dan melakukan apa yang dikomandokan kepada dia.

Begitulah sikap hati Paulus terhadap perintah Roh Kudus. Dia mengikatkan dirinya begitu rupa sampai dia memakai istilah tawanan Roh untuk menggambatkan betapa taatnya dia kepada Roh Kudus.

Beberapa perikop yang menunjukkan kepada kita betapa Paulus menywrahkan haknya untuk bebas dan mengikat dirinya sebagai tawanan Roh:

  • Kita bisa melihat pengakuan Paulus betapa dia tidak melalaikan sedikitpun mengenai panggilannya sewaktu dia membela diri di hadapan Raja Agripa. Kisah Para Rasul 26:19 (TB)  Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat.
  •  Galatia 2:20 (TB)  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
  • Ditangkap oleh Yesus sebagai tawanan Roh. Filipi 3:12-14 (TB)
    12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
    13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
    14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

APPLICATION

Bagaimana dengan kita dimanakah level kita berada sekarang?

  1. Anda sudah memiliki Roh Kudus?
  2. Anda sudah dipenuhi Roh Kudus?
  3. Anda sudah dipimpin/ menjadi tawanan Roh Kudus?

Menjadi satu ikatan dengan Tuhan artinya menjadi seperti Tuhan Yesus kita belajar bagaimana Yesus tidak mempertahankan hakNya namun merendahkan diriNya dan belajar taat sampai mati bahkan sampai mati di kayu salib.

  • Filipi 2:5-8 (TB)
    5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
    6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
    7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
    8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Anda tidak akan mungkin bisa taat kalau tidak belajar merendahkan diri dengan mengambil rupa hamba artinya menyerahkan semua hak atas diri kita kepada Tuhan. Maukah anda belajar menyerahkan hak-hak, keinginan, pikiran, kehendakmu kepada Tuhan? Dan mau taat kepada Roh Kudus dalam hidupmu? Dalam hal-hal apa sajakah anda masih ngotot dengan hak diri anda? Belajarlah menyerahkan semuanya kepada Sang Pemilik Hidup Kita.

PRAYER

Minta kepada Tuhan untuk kita bisa memiliki pikiran dan perasaan yang juga terdapat di dalam Kristus Yesus sehingga kita menjadi satu ikatan denganNya, menjadikan diri kita Hamba atau tawananNya. Kita mencari apa yang Dia cari, membangun apa yang Dia bangun, mengasihi apa yang Dia kasihi.

Leave a Reply

