Clear Conscience

SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 24:16 (TB)  Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.

OBSERVATION

Hati nurani yang murni tercatat dalam Alkitab sebagai salah satu senjata yang penting untuk suatu kehidupan rohani dan pelayanan yang berhasil (2Kor 1:12; 1Tim 1:19).

2 Korintus 1:12 (TB)  Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah.

1 Timotius 1:19 (TB)  Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka,

Hati nurani yang murni dalam bahasa terjemahan inggrisnya tertulis clear conscience, yang artinya kemampuan yang dapat membedakan apakah tindakan kita benar atau salah. Hal ini berperan dalam penyesalan yang terasa ketika kita melakukan sesuatu yang melawan nilai moral masyarakat dan untuk merasakan rectitude atau integritas pada saat tindakan kita mengkonfirmasi nilai moral tersebut. Ini juga adalah sikap dimana membentuk justifikasi moral kita sebelum melakukan sesuatu.

1) Suatu hati nurani yang murni berarti kebebasan batiniah dari roh. Kebebasan ini timbul apabila kita mengetahui bahwa Allah tidak sakit hati oleh pikiran dan tindakan kita.

(Kis 23:1; Mazm 32:1; 1Tim 1:5; 1Pet 3:16; 1Yoh 3:21-22).

2) Apabila kemurnian hati nurani tercemar maka iman, kehidupan doa, hubungan dengan Allah serta kehidupan yang penuh kebajikan menjadi rusak sekali (Tit 1:15-16); jikalau orang menolak hati nurani yang murni itu maka karamlah imannya (1Tim 1:19).

APPLICATION

Untuk bisa memiliki hati nurani yang murni kita bisa belajar dari 2 Kor 1:12: yaitu dengan memiliki ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah. Untuk terus memiliki hati nurani yang murni. Jaga

1. Ketulusan

2. Kemurnian

Kedua hal ini hanya bisa didapat dari Allah yang kita terima dengan kekuatan kasih Karunia dan bukan hikmat duniawi. Kita perlu terus bergantung kepada Tuhan dan bukan kepada pengalaman kita. Kita harus senantiasa menjaga ketulusan dan kemurnian hati kita.

PRAYER

Berdoa minta Roh Kudus menyelidiki hati saudara apakah benar hati kita sudaj tulus dan murni di hadapan Tuhan. Akuilah semua motivasi-motivasi yang tidak murni yang masih ada di hati kita, tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan. Dan tidak ada yang tidak dapat dipulihkan oleh Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s