Galah Rangsang


SCRIPTURE

Kisah Para Rasul 26:14 (TB)  Kami semua rebah ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang mengatakan kepadaku dalam bahasa Ibrani: Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku? Sukar bagimu menendang ke galah rangsang.

OBSERVATION

Apa maksud dari perkataan Yesus kepada Paulus tentang sukar bagimu menendang ke galah rangsang? Apa itu galah rangsang? Dalam terjemahan lain galah rangsang diartikan sebagai:

1. Tongkat tuannya (BSD)

2. Tongkat Runcing (ILT)

3. Tongkat Tajam Gembalanya (TSI)

4. Kosa (TL)

Ini satu-satunya dari tiga kisah pertobatan Paulus yang berisi kata-kata sukar bagimu menendang ke galah rangsang. Sukar artinya `menyakitkan’ dan bukan `sulit.’

Kalimat ini merupakan sebuah kiasan yang dijumpai di dalam bahasa Yunani dan bahasa Latin, tetapi ketika itu tidak dikenal di dalam bahasa Ibrani atau Aram. Kata “sukar bagimu” adalah sebuah peribahasa Yunani yang artinya: menentang sesuatu dengan percuma: seperti perlawanan seekor sapi yang menendang gelagah rangsang dan hanya mendapat luka karenanya. Galah rangsang. Sebuah tongkat yang dipakai untuk memecut hewan-hewan penarik beban.

Mungkin ungkapan ini menunjukkan bahwa nurani Paulus tidak sepenuhnya sejahtera ketika menganiaya orang Kristen. Kita jangan berpikir bahwa Paulus sudah menyadari dosanya ketika itu. sebab di bagian yang lain dia menceriterakan bahwa dia menganiaya gereja tanpa pengetahuan (I Tim. 1:13).

Sekalipun demikian. jauh di dalam pikirannya terdapat semacam keyakinan bahwa mungkin saja Stefanus dan orang Kristen lainnya itulah yang benar: dan Tuhan sekarang menunjukkan kepadanya bahwa tekanan tersebut merupakan tekanan yang berasal dari Tuhan.

APPLICATION

Kita tidak dapat mententang sesuatu yang percuma kita melawannya misalnya saja melawan kehendak Tuhan. Firman-Nya tidak akan peenah gagal namun akan selalu berhasil (Yes 55:11).

Dalam hal-hal apa saja kita sedang bersebrangan dengan Tuhan? Adakah ada hal yang kita tahu Tuhan meminta kita untuk melakukannya namun kita melawan dengan mengeraskan hati? Ingatlah peristiwa Paulus, yang sia-sia mencoba melawan kehendak Tuhan.

Ada rencanaNya yang besar dalam hidup Paulus ketika Tuhan mengintervensi menghentikan Paulus dalam usahanya menganiaya jemaat. Begitu juga ketika Tuhan mengintervensi menghentikan sesuatu dalam hidupmu, jangan lawan kehendak Tuhan. Berilah dirimu untuk masuk dan taat kepada rencana-Nya dalam hidupmu.

PRAYER

Berdoa agar kita diberikan hati yang mau taat kepada Kehendak Tuhan dalam hidup kita. Minta supaya hati kita yang keras dilembutkan. Serahkan semua rencanamu, kehendakmu, cita-citamu jangan berjuang melawan Tuhan namun berjuanglah melawan dirimu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s