Hamba Kristus Yesus

SCRIPTURE

Roma 1:1 (TB)  Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.

OBSERVATION

Ayat ini adalah pembuka dari surat yang dikirim oleh Paulus kepada jemaat di Roma. Di awal suratnya Paulus memperkenalkan dirinya sebagai hamba Kristus Yesus berarti ia adalah “budak” yang hidup untuk melayani Kristus Yesus. Ia menyebut dirinya “rasul” yang dipanggil dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.

Paulus menggambarkan bahwa Allah sendiri yang mengaruniakan Paulus panggilan hidup yang mulia itu. Allah pulalah yang membuat pelayanannya membawa banyak berkat dan tulisannya ini menyandang otoritas ilahi untuk membentuk pemahaman dan penghayatan iman Kristen kita. Allahlah yang memanggilNya dan bukan manusia. Itulah sebabnya kata hamba yang dilanjutkan dengan kata Kristus dan bukan Yesus. Karena Kristus menggambarkan keilahianNya dan Yesus menggambarkan kemanusiaanNya. 

Hal ini juga ditegaskannya kembali dalam Galatia 1:1 (TB)  Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,

APPLICATION

Kita harus sadar bahwa panggilan kita ini adalah oleh Dia dan bukan manusia bahkan bukan organisasi gereja. Paulus menyadari hal ini apakah kita juga tahu bahwa apapun posisi pelayanan kita, kita mendapatkannya dan dipercayakan kepada kita bukan karena manusia, bukan karena organisasi tetapi hanya karena Tuhan.

So ketika anda dipercayakan apapun ingatlah bahwa anda dipanggil Allah sendiri. Anda bukan melayani manusia atau organisasi namun hanya Tuhan sendiri. So kalau anda mengalami masalah, pergumulan, kekecewaan, tidak dianggap, dicurangi, dikhianati pelayanan jangan pernah berhenti melayani Tuhan hanya karena alasan ini. Karena anda tidak pernah dipanggil dan dipilih oleh manusia dan organisasi namun Tuhan.

Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

PRAYER

Berdoa bersyukur karena Dialah yang memanggil kita bukan manusia dan oraganisasi. Bersyukurlah ketika manusia dan oraganisasi bisa mengecewakan kita namun tidak dengan Tuhan. Dia yang memanggil Dia yang menyediakan, Dia yang memperlengkapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s