Devotion

Jangan Menghakimi

SCRIPTURE

Roma 2:1 (TB)  Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

OBSERVATION

Kata menghakimi (krinon) muncul tiga kali di dalam ayat 1. Kata ini di sini berarti memberikan penilaian tidak menyenangkan berupa mengecam atau mencari kesalahan. Orang yang tidak bebas dari Salah adalah orang yang mempunyai kekuatan besar untuk melancarkan kecaman, tetapi tidak dapat mendisiplinkan diri sendiri. Hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian. 

Kalau ada yang berdosa dan keras hati ketika ditegur biasanya kita akan mengharapkan hukuman Tuhan atas orang tersebut. Namun ketika hal itu belum terjadi itu bukan karena Tuhan mengabaikan dosa namun kemurahan Allah. Bila terasa begitu lama, itu bukan untuk membiarkan orang punya lebih banyak waktu untuk berbuat dosa melainkan agar orang punya kesempatan untuk bertobat. Orang yang mengeraskan hati dan tidak mau bertobat akan menuai murka Allah pada saatnya kelak.

Lalu mengapa kita tidak boleh menghakimi? Paling tidak saya menemukan 4 alasan mengapa kita tidak boleh menghakimi.

#1. Sadari bahwa diri kita pun tidak luput dari salah. 

Roma 2:1 (TB) Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

#2. Kita tidak punya hak untuk menghakimi. Karena menghakimi adalah haknya Tuhan. Dengan menghakimi maka kita mengambil peran Tuhan dan bahkan menjadikan diri kita sebagai tuhan bagi orang lain karena menghakimi adalah hak Tuhan sendiri.

Ibrani 10:30 (TB)  Sebab kita mengenal Dia yang berkata: “Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Dan lagi: “Tuhan akan menghakimi umat-Nya.”  

#3. Ukuran yang kita pakai untuk menghakimi akan diukurkan kepada kita.

Matius 7:1-2 (TB)
1 “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.

2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

#4. Penghakiman kita tidak adil dan berat sebelah. Adalah sukar bagi kita menghakimi dengan adil apalagi jika itu berkaitan dengan kepentingan kita, pasti kita akan menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain. Dan kesalahan orang lain akan tampak jelas jika dibanding kesalahan kita sendiri. 

Matius 7:3-4 (TB)
3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.

APPLICATION

Apakah anda pernah menghakimi seseorang? Dalam hal apakah anda sering menghakimi orang lain? Ingatlah ke 4 hal di atas bahwa menghakimi bukanlah tugas dan pelayanan yang Tuhan percayakan kepada kita. Itu bagian milik Tuhan bukan kita. Tidak ada yang namanya pelayanan menghakimi.

Tetap jaga relasi kita dengan Allah, maka hati nurani kita akan terus diasah tetap peka terhadap kebenaran Allah sehingga bisa dijadikan pegangan yang dipercaya dalam hidup. Semakin sering hati nurani itu dibius dan diabaikan, semakin tidak andal ia dalam membuat keputusan. Penghakiman itu akan datang maka jagalah hati Anda tetap bersih, sadar dan waspada.

PRAYER

Berdoa kepada Tuhan agar kita memiliki hatiNya, memiliki pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Kristus. Mari berdoa untuk orang-orang yang anda tahu sedang jauh dari Tuhan mati ucapkan berkat dan doa atas hidup meraka dan bukan penghakiman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s