Devotion

Anak Panah Di Tangan Pahlawan 

SCRIPTURE

Roma 3:23-24 (TB)
23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 

OBSERVATION

Dosa (harmatia) artinya tidak tepat sasaran (to miss the mark). Ibarat anak panah yang tidak mencapai sasaran yang dituju. Dosa tidak cuma sesimpel bentuk dosa yang biasa seperti berbohong, mencuri, membunuh, berzinah, dll. Ya memang semua itu juga termasuk dosa namun kita perlu tahu bahwa segala sesuatu yang digunakan atau fungsinya meleset dari sasaran awalnya itu adalah sebuah dosa. 

Kita berdosa karena:

1. Karena Status

Kita mengemban status berdosa dari dosa turunan dari adam dan hawa. Setiap bayi yang baru lahir ke dunia pun sudah dalam keadaan / status berdosa meski dia belum berbuat tindakan dosa. Jadi dosa ini karena status. Sama seperti kucing disebut kucing bukan karena ia bisa mengeong, melainkan karena ia telah dilahirkan sebagai kucing. Justru karena ia dilahirkan sebagai kucing itulah, maka ia bisa mengeong.

2. Karena Perbuatan

Dosa yang diakibatkan oleh perbuatan kita itu menyangkut hal-hal yang sudah jelas berdosa seperti mencuri, membunuh, berzinah, dll dan juga hal–hal yang membuat kita semakin jauh dari tujuan awal seperti menunda, hobi yang menyita waktu kita dari Tuhan, selalu membuat alasan dll adalah sebuah indikasi dosa juga.

3. Karena tidak berbuat

Dosa itu bukan hanya karena berbuat Bahkan ketika kita tidak berbuat apa yang harusnya kita perbuat itu juga adalah dosa.

Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

APPLICATION

Hidup adalah pilihan, kita bisa bebas dalam memilih keputusan untuk berbuat namun kita tidak bisa bebas menerima akibat dari setiap keputusan dan perbuatan kita. Setiap sebab pasti ada akibat. Setiap dosa pasti ada kosekuensi.

Tuhan telah menebus dosa dan pelanggaran kita namun kita perlu mewaspadai akan kesadaran bahwa kita sudah ditebus, status kita sudah orang merdeka bukan budak dosa lagi. Hati-hatilah akan hal-hal yang kita perbuat atau yang kita enggan perbuat. 

Jangan kehilangan tujuan/panggilan Tuhan dalam hidupmu. Eliminasi setiap hal yang berusaha mendistorsi panggilan Tuhan dalam hidupmu. Ingat Dia telah menebusmu dari kehidupan yang sia-sia (tidak tepat sasaran) kepada hidup yang penuh tujuan (tepat sasaran). 

Ibarat anak panah yang harus dihaluskan keseluruhan sisinya, yang harus punya mata panah yang tajam dan terfokus agar bisa menancap dan juga ekor yang mengarahkan dirinya. Begitu juga kita kita memberikan diri kita untuk diproses oleh Tuhan di seluruh area hidup kita, memiliki Tujuan dan panggilan Ilahi dalam hidup kita dan juga digerakkan oleh Kuasa Roh Kudus. Ingatlah bahwa semua proses yang tidak mengenakkan itu supaya kita bisa melesat tanpa halangan dan tidak meleset dari sasaran. Berilah dirimu diproses oleh Sang Pahlawan yaitu Tuhan.

PRAYER

Berdoa menyerahkan hidupmu Tuhan memakai hidupmu seperti anak panah di tangan seorang pahlawan yang ditembakkan tepat pada sasaran. (Maz 127:4)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s