Devotion

Sekalipun

 

SCRIPTURE

Roma 4:18 (TB)  Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” 

OBSERVATION

Kata “sekalipun” adalah kata penghubung untuk menandai perlawanan makna; mirip dengan arti kata sungguhpun dan meskipun. Kata ini mempertentangkan 2 keadaan yang berlawanan. Suatu kondisi yang berseberangan.

Dikatakan sekalipun tidak ada dasar untuk berharap namun Abaraham berharap juga dan percaya bahwa Ia akan me jadi bapa banyam bangsa. Lalu apa yang dipertentangkan disini? Yang dipertentangkan disini adalah antara harapan dengan realita. Harapan yang dimiliki adalah abraham akan menjadi bapa banyak bangsa. Kenyataannya adalah abraham sudah 75 tahun, sara sudah menopause. Jadi tidak ada dasar untuk berharap.

Ada 2 respon yang bisa kita berikan dalam menanggapi jarak antara antara harapan dengan realita.

1. Kecewa 

Jarak antara harapan dengan realita bisa kita sikapi dengan kekecewaan. Semakin besar jarak antara janji dengan realita maka kita semakin besar kekecewaan kita. Biasanya orang seperti ini mempunyai kosa kata “jikalau” dalam hidupnya. jikalau begini baru saya akan begini, kalau begini baru saya begitu”. Hidupnya dipengaruhi bukan mempengaruhi keadaan.

2. Menjadikan itu potensi atau dream yang perlu diunlock

Atau kita bisa melihatnya sebagai visi, tujuan atau sasaran berikutnya yang bisa kita capai. Sebuah potensi yang masih terkunci yang perlu dibukakan. Sebuah pencapaian yang Tuhan janjikan dalam hidup kita yang membuat kita semakin mengetahui potensi besar yang sudah Tuhan taruh dalam hidul kita. Biasanya orang seperti ini mempunyai kosa kata “sekalipun, meskipun, bagaimanapun, walaupun” dalam hidupnya. Walaupun begini saya akan tetap, meskipun begini syaa tetap, sekalipun begitu saya tetap percaya”. Hidupnya mempengaruhi bukan dipengaruhi keadaan.

APPLICATION

Gunakan kata “sekalipun, walaupun, meskipun, bagaimanapun” dalam hidup kita karena itu akan memampukan kita untuk melihat jarak antara harapan dan realita itu sebagai potensi, visi, mimpi yang bisa kita wujudkan. 

Apa kondisi yang ada di sekitar kita yang tidak dalam kondisi seharusnya? Cari janji Tuhan dalam hidupmu untuk kondisi itu. Jangan bimbang terhadap janji Tuhan. Perkuat iman kita dan muliakan dengan perbuatanmu. Karena Tuhan berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. Jangan kecewa namun tetap percaya dan bertindaklah. 

Saya selalu diberkati dengan kitab habakuk

Habakuk 3:17-19 (TB)
17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Disinipun dipakai kata sekalipun. Sekalipun semua mengecewakan ingat Tuhan yang memanggil kamu maka Dia juga yang akan memampukanmu, Dia adalah Tuhan yang bertanggung jawab atas hidupmu. Jadilah pembuat sejarah dan bukan korban sejarah. Pergilah jadilah berkat dimanapun kamu berada. 

PRAYER

Mari kita berdoa agar kita bisa menjadi sperti Abraham yang sekalipun tidak ada dasar untuk berharap namun berharap juga. Beryukur untuk setiap potensi yang sudah Tuhan taruh dalam hidupmu. Berdoa mintalah panggilanNya yang khusus dalam hidupmu dan kejarlah panggilanNya itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s