Bertolak Belakang

SCRIPTURE

Roma 7:21 (TB)  Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. 

OBSERVATION

Masalah yang dihadapi orang Kristen adalah bahwa dalam dirinya ada dua natur yang saling bertolak belakang.

1. Natur berdosa yang disebut Paulus ‘manusia lama’ (ay. 6) atau kedagingan (ay. 14).

2. Natur ‘manusia baru’ atau ‘ciptaan baru di dalam Kristus’ (ay. 17).

Keduanya saling tarik menarik sehingga hidup seorang Kristen bagai sebuah medan perang, tempat bertarung dua kekuatan.

Mengapa bisa terjadi demikian? Meskipun orang percaya telah mengalami pengampunan dosa, tetapi di dalam dirinya masih terkandung karakter/natur dosa yang kemudian akan menjadi sumber pencobaan selama dia hidup.

Jadi meskipun manusia baru memiliki kerinduan untuk hidup melayani Allah, manusia lama akan selalu berupaya mendominasi agar kepentingan dirilah yang terlaksana. Akibatnya ia tidak dapat melakukan yang dia inginkan, walau ia tahu bahwa ia seharusnya melakukannya. Natur manusia berdosa memang begitu mempengaruhi orang percaya untuk melakukan apa yang, dia tahu, dilarang.

Pergumulan melawan kedagingan merupakan tanda pertumbuhan menuju kedewasaan rohani. Mereka yang tidak bergumul berarti tidak bertumbuh, artinya masih tetap manusia lama yang hanyut terbawa arus zaman.

APPLICATION

Keselamatan adalah Karya Tuhan dalam hidup kita namun sebagai wujud kita telah diselamatkan kita juga harus mengerjakan keselamatan kita dengan takut dan gentar. Bergantung kepada Roh Kudus karena Ia yang akan mengerjakan di dalam kita kemauan dan pekerjaan menurut kerelaanNya. Jangan bersungut-sungut ketika anda diproses olehNya sehingga kuta kedapatan tiada beraib dan bernoda namun bercahaya seperti bintang-bintang di dunia

Filipi 2:12-15 (TB)
12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.
14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,

15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

PRAYER

Berdoa bersyukur atas keselamatan yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita memampukan untuk mengerjakan keselamatan. Mintalah Roh Kudus menuntun hidup kita setiap hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s