Spirit Led

SCRIPTURE

Roma 8:14 (TB)  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. 

OBSERVATION

Ayat ini mirip pasal 8:9, di mana dia berkata, “Tetapi kalian tidak berada dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kalian. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

Setiap kita yang lahir baru adalah teknon/teknon (anak, atau “child”) karena kita lahir dari atas. Tetapi istilah ‘uiov/hiuos, yang berarti “anak yang sudah diangkat secara sah”, dipakai dalam ayat ini untuk menggambarkan orang percaya, anak-anak Allah, yang dipimpin Roh Allah.

Jadi kita semua teknon/teknon Allah karena kita lahir dari atas, tetapi hanya orang percaya yang “hidup menurut Roh Allah” dapat disebut ‘uiov/hiuos, anak Allah yang sudah dewasa dan diangkat secara sah. 

Jadi hidup dipimpin Roh adalah ukuran yang menentukan status kita dewasa atau tidak secara rohani. Telah diangkat sah atau tidak secara rohani. Lalu Apa Peran Roh Kudus dalam hidup kita?

  1. Roh Kudus memerdekakan kita dari belenggu dosa dan kematian (Roma 8:2).
  2. Roh Kudus memimpin hidup kita (Roma 8:14). Dia bekerja di dalam hati dan pikiran kita.
  3. Dialah yang memampukan kita tidak lagi hidup menurut keinginan daging (Roma 8:9), melainkan menurut keinginan Roh yang menghasilkan damai sejahtera sejati (Roma 8:6).
  4. Roh Kuduslah yang menolong kita untuk yakin bahwa kita memang anak-anak Allah (Roma 8:16) dan memberanikan diri kita untuk memanggil Allah sebagai Bapa (Roma 8:15).

APPLICATION

Siapakah yang memimpin hidup kita saat ini? Roh Allah atau kita sendiri? Apa dan siapa yang selalu mempengaruhi keputusan dalam hidup kita? Apa yang menggerakkan kehidupan kita belakangan ini? Serahkanlah diri kita ke dalam pimpinan Roh Kudus dengan cara belajar peka kepada suaranya, bacalah Firman, galilah Firman dan biarkan Firmannya menerangi jalan-jalan dan keputusan yang akan kita buat. Taatilah setiap suara Roh Kudus. Hiduplah dipimpin oleh Roh Kudus dan ini adalah mutlak bagi kita orang percaya. Tidak boleh tidak!

PRAYER

Bersyukur karena RohNya telah diberikan kepada kita dan karena itulah kita dikembalikan ke dalam status kita yang semula sebagai anak Allah. Berdoa serahkan dirimu kedalam pimpinan Roh Kudus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s