Bergantung Pada-Nya 

SCRIPTURE

1 Korintus 2:4-5 (TB)
4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,

5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. 

OBSERVATION

Ayat ini mengajarkan kepada kita kebenaran bahwa talenta, hikmat manusia saja tidak cukup agar pemberitaan dan perkataan kita bisa diterima dan menjangkau manusia yang terhilang. Dibutuhkan keyakinan akan kekuatan Roh. Talenta memang dibutuhkan untuk membuat pelayanan semakin berkembang, namun jika talenta digunakan tanpa Roh maka itu tidak akan efektif.

INTERPRETATION

Bagaimana dengan kita selama ini apakah kita mengandalkan kapasitas dan daya apapun yang kita miliki secara kodrati saja dalam pelayanan? Jika sekarang kita melayani kaum intelektual, bukankah kita harus memiliki bobot dan mampu tampil meyakinkan secara intelektual juga? Jika gaya bicara kita tidak mengandung argumentasi intelektual, siapa yang mau mendengar kita? Jika kita ingin mencapai orang berpangkat atau para pesohor, tetapi kita tidak selevel mereka, bagaimana kita dapat mengharapkan sambutan?

Begitulah, logika yang mendorong kita untuk menyesuaikan diri sebisa mungkin setara orang yang ingin kita ajak berelasi. Hal inilah yang disoroti serius oleh kesaksian Paulus dalam pelayanan. Mari amati baik-baik. Firman Allah bukan menuntut kita untuk menolak semua kapasitas dan cara pendekatan wajar dan manusiawi.

Isu intinya di sini bukan soal memakai atau tidak memakai, tetapi bergantung pada apa atau siapa kita dalam pelayanan. Kita harus sadar bahwa semua kapasitas manusia selalu ada segi baiknya, tetapi juga membawa kecemaran dan “kebengkokan” sifat dosa. Maka kita tidak harus memusuhi namun juga tak boleh mengandalkannya. Kita harus mengandalkan kuasa Roh dan kuasa yang terdapat dalam Injil Kristus. Semua kapasitas manusia adalah sarana yang harus dikuduskan dan ditopang oleh kuasa-Nya. Bukan sebaliknya!

APPLICATION

  • Serahkan semua kemampuan kodratimu kepada Tuhan untuk dipakai demi kemuliaanNya
  • Jangan cuma andalkan talenta, kepintaran, pengalaman kita saja namun dalam segala hal bergantunglah pada Roh Kudus
  • Ingat kita cuma alat, tanpa Tuhan yang memakai kita kita hanyalah alat tidak dapat berbuat apa dari dirinya sendiri.

PRAYER

Serahkan seluruh hidupmu untuk dipakai Tuhan seperti alat di tangan pemakainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s