Kesetian Allah


SCRIPTURE

Roma 11:29 (TB)  Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

OBSERVATION

Fakta yang bisa didapat dari Roma pasal 11 ini adalah:

  • Paulus mengajarkan kesetiaan Allah ketika ia mengatakan: Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.
  • Kasih karunia. Hak-hak istimewa yang dinikmati oleh bangsa Israel (bdg. 9:4, 5).
  • Panggilan. Pernyataan Allah kepada Israel atau Yakub bahwa dia dan keturunannya adalah umat Allah (bdg. Yes. 48:12). Bangsa-bangsa lain, yang tidak menaati Allah. memperoleh kemurahan karena atau melalui, ketidaktaatan Israel. Nah, karena kemurahan Allah sudah dialami oleh bangsa-bangsa bukan Yahudi, bangsa Israel akan mengalami kemurahan itu.
  • Apa yang berusaha disampaikan Paulus dalam bagian ini, diringkas dengan:
    • 1)sebagian dari Israel ditegarkan untuk sementara,
    • 2) sementara itu setiap orang dari bangsa-bangsa bukan Yahudi yang dipilih untuk percaya kepada Kristus akan percaya, dan
    • 3) akhirnya seluruh Israel akan diselamatkan.

INTERPRETATION

Walaupun sejak zaman Paulus hingga sekarang, hanya sebagian kecil saja dari bangsa Israel yang menerima Yesus sebagai Mesias, Alkitab mengatakan bahwa Allah tidak akan melupakan Israel.

Ketegaran hati Israel, justru dipakai Allah untuk menjangkau bangsa-bangsa lain. Dan Allah tidak akan tinggal diam terhadap ketegaran hati bangsa pilihan itu. Di dalam hikmat bijaksana-Nya serta pada waktu yang Tuhan tentukan sendiri, bangsa Israel pun akan mendapat kemurahan dari Allah sebagaimana bangsa lain juga telah memperoleh kemurahan. Yang ingin ditekankan oleh Paulus kepada kita adalah agar kita, sebagai bangsa nonYahudi, jangan menjadi sombong dan merasa mempunyai kelebihan atau keistimewaan dibandingkan bangsa Yahudi. Sebaliknya, Paulus mengajak orang percaya untuk menanggapi kemurahan Allah itu dengan sikap syukur dan rendah hati. Sebagai manusia biasa, tidak ada seorang pun yang dapat memahami dan menyelami maksud dan rencana Allah yang maha agung dan maha besar (Roma 11:33-37).

Melalui tulisan ini, kita dapat belajar tentang kasih Allah yang begitu besar kepada umat manusia, baik yang berasal dari bangsa Yahudi, maupun dari nonYahudi. Di dalam kesabaran-Nya yang luar biasa, Allah bahkan tidak melupakan bangsa yang telah menolak Yesus Kristus. Di dalam hikmat-Nya yang luar biasa, Allah bahkan telah mengatur karya keselamatan agung yang dapat menjangkau seluruh bangsa di dunia. Siapakah kita yang merasa layak untuk bermegah di hadapan Allah? Siapakah kita yang tidak tergerak untuk bersyukur atas kemurahan-Nya?

Kita patut bersyukur karena segala rencana keselamatan Allah bagi umat manusia pada umumnya dan Israel pada khususnya akan tergenapi. Hal ini menjadi bukti kuat bagi kita bahwa Allah kita adalah Pribadi yang setia dan mampu menggenapi apa yang telah direncanakan-Nya. Marilah mulai sekarang, kita selalu berusaha untuk menjalani hidup sesuai rencana-Nya Marilah kita juga senantiasa rindu untuk memuliakan Dia di dalam setiap langkah hidup kita (Roma 11:36).

APPLICATION

Kalau Tuhan tidak menyerah dan tetap setia dengan bangsa Israel yang tegar tengkuk, tidak mau setia dan bahkan menolak Yesus. Apakah ada temen yang sedang anda berusaha jangkau namun begitu keras menolak Yesus? Tetaplah setia mendoakannya karena Tuhan selalu punya cara agar mereka bisa diubahkan hatinya.

PRAYER

Berdoalah buat orang-oamg yang selama ini telah anda berusaha injili namun merespons secsra negatif. Bawa nama-nama mereka di dalam doamu setiap hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s