Perkataan yang Berkuasa

SCRIPTURE

1 Korintus 4:20 (TB)  Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

1 Korintus 4:20 (BIMK)  Karena kalau Allah memerintah hidup seseorang, hal itu dibuktikan oleh kekuatan hidup orang itu, bukan oleh kata-katanya.

1 Korintus 4:20 (BSD)  Kalau hidup seseorang memang diperintah oleh Allah, maka orang itu pasti mempunyai kesanggupan melakukan sesuatu, bukan hanya mengucapkan kata-kata saja.

1 Corinthians 4:20 (AMP)  For the kingdom of God consists of and is based on not talk but power (moral power and excellence of soul).

OBSERVATION

Disini kita bisa menemukan karakteristik Kerajaan Allah:

  1. Tidak terdiri dari perkataan
    • Perkataan dalam bahasa yunani disebut “λόγος” (logos) yang bisa diartikan sebagai pegetahuan/ilmu
  2. Tetapi dari kuasa
    • Kuasa dalam bahasa yunani disebut “δύναμις” (dunamis) yang artinya kekuatan atau kemampuan dan mempunyai akar kata yang sama dengan Dinamis, dinamit. Bisa diartikan sebagai moral power and excellence of soul. Karakter yang berkualitas (serupa Kristus)

INTERPRETATION

Penafsiran sederhana saya tentang ayat ini adalah Kerajaan Allah itu tidak OmDo. Kerajaan Allah tidak cuma terdiri dari narasi yang baik saja namun ada kuasa di balik setiap perkataan. Kerajaan Allah tidak membutuhkan Orator terbaik tetapi membutuhkan pelaku Firman. Bukti bahwa perkataan tersebut berkuasa atau tidak adalah kemampuannya dalam mengubah hati manusia, mengubah perilaku mereka dan akhirnya menghasilkan manusia yang memiliki karakter serupa dengan Yesus

APPLICATION

Kunci untuk mengunlock kuasa dalam perkataan (Firman) adalah di dalam melakukan. Tindakan akan mengubah perkataan menjadi kuasa. Tindakan akan mengubah Logos menjadi dunamis. Apa yang anda tahu tidak akan berkuasa mengubah anda sampai anda melakukannya.

Marilah kita menjadi bukan cuma penyampai, pendengar yang baik namun menjadi pelaku dari setiap Firman dan Tuhan menemukan buah di dalam hidup kita 30x, 60x sampai 100x lipat.

PRAYER

Berdoa agar setiap Firman yang kita tahu tidak hanya menjadi logos tetapi menjadi dunamis yang mengubahkan/berdampak di hidup kita dan juga orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s