Persembahan yang hidup, kudus & berkenan

SCRIPTURE

Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 

OBSERVATION

Fakta yang bisa didapatkan di perikop ino adslah:

  • Bahasa yang dipakai di sini diambil dari Perjanjian Lama, dan mengingatkan kita bahwa orang-orang percaya Yahudi memberikan persembahan kurban kepada Tuhan.
  • Tetapi orang-orang Kristen, sebaliknya daripada mempersembahkan sesuatu di luar diri mereka, harus mempersembahkan tubuh mereka sendiri kepada Allah sebagai kurban yang hidup. kudus dan pantas.
  • Yang dimaksudkan adalah suatu pelayanan rohani yang melibatkan seluruh kemampuan nalar mereka.

INTERPRETATION

Bedanya persembahan yang hidup dengan mati adalah persembahan yang hidup tentu saja bisa berusaha keluar dari mezbah tempat dimana korban diletakkan. Setiap proses korban tentu akan sangat menyakitkan dan membuat persembahan yang hidup itu berusaha keluar. Kudus menggambarkan hidup kita yang dikhususkan (kadosh) untuk Tuhan. Dan berkenan artinya sesuai dengan kehendakNya bukan kehendak kita. Kita tidak bisa mempersembahkan tubuh kita kepada Tuhan sesuka hati kita.

APPLICATION

  • Untuk bisa menjadi persembahan yang hidup dan kudus yang tidak berusaha keluar dari mezbah adalah dengan mematikan yang jahat dalam diri kita. Mematikan manusia lama kita. Mari kita akui setiap dosa, pelanggaran dan juga kebiasaan buruk kita mintalah pengampunan dariNya dan minta kekuatan dariNya untuk bisa berubah
  • Mari layani Tuhan sesuai dengan kehendakNya bukan kehendak kita saja. Kita tidak bisa lagi hidup sembarangan sesuka hati kita. Putuslanlah pilihan dalam hidup kita dengan melibatkan Tuhan.

PRAYER

Berdoa serahkan dirimu sebagai persemabagan yang hidup, kudus, dan berkenan. Akui dosamu, minta kekuatan dari Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s