Beat  Yourself

1 Korintus 9:27 (TB)  Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

1 Korintus 9:27 (BIMK)  Saya membiarkan badan saya digembleng dengan keras sampai saya dapat menguasainya. Saya berbuat begitu, sebab saya tidak mau sampai terjadi bahwa setelah saya mengajak orang lain turut dalam perlombaan itu, saya sendiri ditolak.

1 Korintus 9:27 (FAYH)  Seperti seorang atlet saya menggembleng tubuh saya, melatihnya melakukan hal-hal yang harus dilakukan dan bukan hal-hal yang dikehendakinya. Sebab, kalau tidak, saya takut kalau-kalau setelah mempersiapkan orang-orang lain untuk perlombaan, saya sendiri dinyatakan tidak memenuhi syarat, lalu ditolak.

1 Korintus 9:27 (TSI)  Sebaliknya saya seperti olahragawan yang dengan sengaja mengikuti latihan keras— supaya bisa menguasai tubuh dan pikirannya. Saya melakukan itu supaya saya jangan sampai tidak menerima hadiah kemenangan sesudah saya mengajak orang lain untuk masuk dalam perlombaan rohani ini. 

1 Corinthians 9:27 (NKJV)  But I discipline my body and bring it into subjection, lest, when I have preached to others, I myself should become disqualified.

1 Corinthians 9:27 (WTB)  but I tame my body and bringe it into subieccio lest after that I have preached to other I my silfe shuld be a castawaye.

1 Corinthians 9:27  No, I beat my body and make it my slave so that after I have preached to others, I myself will not be disqualified for the prize.

OBSERVATION

Disiplin, dalam bahasa Inggris (discipline) lebih terlihat kaitan artinya dengan menjadi murid (disciple). Apa saja aspek-aspek yang termasuk dalam disiplin? Penguasaan diri yaitu menundukkan dan menujukan seluruh aspek kehidupan seseorang pada panggilan Ilahi yang Tuhan berikan kepada dia (ayat 24).

Mengapa ini penting? Karena hal yang paling sulit adalah mengalahkan diri sendiri. Itu sebabnya untuk mengikut Yesus kita diminta untuk bisa menyangkal diri.

INTERPRETATION

Disiplin adalah syarat untuk keberhasilan pelayanan dan kehidupan Kristen yang normal. Disiplin bukan perjuangan, tetapi respons serasi kita pada operasi Roh Allah yang memimpin dan menolong kita untuk maju meraih sasaran Ilahi. Dengan mengizinkan Roh menolong kita, kita akan dipimpin-Nya berhasil. 

APPLICATION

Ayo bangun disiplin dalam hidup kita. Mulai dari yang bisa ada dalam jangkauan kita misalnya bangun pagi, tidak telat, membaca alkitab, dll. Ingat disiplin bukan perjuangan dengan kekuatan kita semata-mata karena itu biasanya hanya akan bertahan sebentar. Disiplin adalah respons kita atas kehendak Allah dalam hidup kita. 

PRAYER

Berdoa minta kekuatan untuk bisa menyangkal diri dan pikul salib di dalam mengikut Yesus.

Leave a Reply

