Tidak Semua Berguna

SCRIPTURE

1 Korintus 6:12 (TB)  Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

OBSERVATION

Paulus mengarahkan perhatiannya kepada kelemahan moral yang mencemarkan gereja, rupanya disebabkan oleh penerapan kebenaran tentang kebebasan Kristen dalam bidang seksual. Persoalannya adalah: Jika tidak ada pembatasan dalam hal makanan, yang adalah salah satu selera dari tubuh, mengapa harus ada pembatasan dalam hal seksual, satu keinginan lainnya dari tubuh? Jawaban Paulus, yang diawali dengan membahas prinsip kebebasan dan menerapkannya secara khusus kepada masalah percabulan, kembali menonjolkan pemakaian Tidak tahukah kamu sebanyak tiga kali (ay. 15. 16, 19).

Prinsip kebebasan dikemukakan dengan dua pembatasan:

  1. Kemanfaatan (bdg. 10:23)
  2. Pengendalian diri. Halal dan kuasa, yang berasal dari akar kata yang sama, membentuk permainan kata-kata secara disengaja. “Segala sesuatu halal bagiku. tetapi aku ini tiada mau takluk ke bawah kuasa barang sesuatupun” (TL).

INTERPRETATION

Tidak semua berguna bukan semua tidak berguna ya hehehe..Ayat di atas mirip dengan apa yang tertulis di:

1 Korintus 10:23 (TB)  “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Kegemaran pada suatu kebiasaan yang sampai menguasai diri seseorang bukan lagi merupakan kebebasan, melainkan perbudakan.

APPLICATION

Anda memang bisa bebas memilih apa sja kebiasaan dan kegemaran anda, namun anda tidak bisa bebas dalam kosekuensinya. Kebiasaan apa yang anda miliki yang sampai-sampai anda tidak tahan untuk tidak melakukannya selama beberapa waktu? Itu tandanya bahwa anda telah terikat olehnya. Apakah itu games? Apakah itu internet? Apakah itu sosmed? Apakah itu pornografi? Apakah itu rokok? Apakah itu menunda-nunda?

Lalu coba takar kebiasaanmu dengan pertanyaan:

  1. Apakah ini berguna/bermanfaat/membangun bagiku? Kalau tidak berguna berarti akan mengambil sesuatu dari kita.
  2. Apakah ini menguasai aku? Apakah aku kehilangan kendali atas diriku dalam hal ini? Segala sesuatu yang tidak bisa kita kendali berarti mengendalikan kita.

PRAYER

Berdoa agar kita diberikan buah roh pengendalian diri dalam hidup kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s