Peniru Ulung

SCRIPTURE

1 Korintus 11:1 (TB)  Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

1 Korintus 11:1 (BIMK)  Ikutlah teladan saya, seperti saya pun mengikuti teladan Kristus.

1 Corinthians 11:1 (NKJV)  Imitate me, just as I also imitate Christ.

OBSERVATION

Kata “pengikut” di dalam bahasa aslinya dipakai kata μιμητής (mimētēs) yang artinya seorang imitator atau peniru. Kata ini berasala dari kata dasar μιμέομαι (mimeomai) yang artinya meniru.

INTERPRETATION

Kita semua diberi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa bakat dan kemampuan yang berbeda untuk masing-masing orang. Misalnya, ada orang yang punya bakat untuk menjadi seorang penari yang hebat, sedangkan yang lainnya, untuk sekedar mengikuti irama musik pun sudah tidak mampu. Ada orang yang punya bakat menulis yang luar biasa, sedangkan yang lainnya, memulai sebuah kalimat untuk ditulispun susahnya setengah mati. Tetapi yang jelas, ada satu hal yang semua orang tanpa kecuali mampu melakukannya, yaitu : meniru.

Kita didesign begitu rupa menjadi seorang peniru yang ulung. Setiap kita dari sejak kecil adalah seorang peniru yang ulung, tanpa perlu diajari kita akan selalu mencari hal yang kita tiru. Kita yang sekarang sebenarnya adalah hasil dari kita meniru orang tua, temen-temen, tokoh-tokoh, televisi, youtube, sosmed, dll. Ntah itu kita meniru cara mereka berbicara, cara mereka berjalan, cara mereka marah, cara mereka bersosialisasi, dan banyak lagi.

Karena kita didesign sebagai peniru ulung maka sangat penting memperhatikan apa yang kita tiru. Karena kita bukan hanya sebagi peniru yang ulung bahkan kita akannmenjadi mahir dengan apa yang kita tiru bahkan kita melipatgandakannya.

Menjadi seorang murid Kristus adalah menjadi seorang murid yang meniru hidup gurunya (Kristus) dan hasil akhirnya adalah menjadi serupa dengan gurunya (Kristus) dalam hal nilai dan karakter kita. 

APPLICATION

  • Pikirkan sebelum anda mulai meniru, pilihlah pribdi dan komunitas yang benar untuk anda tiru karena pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan baik kita.
  • Tirulah Yesus dan orang-orang yang meniru Yesus sebagaimana Paulus hidup. Dan jadilah orang yang bisa ditiru karena hidup anda serupa Kristus

PRAYER

Berdoa agar setiap kita bisa menjadi peniru dari Kristus, menjadi pribadi yang serupa denngan Kristus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s