Tanpa Kasih Karunia Tidak Berguna

SCRIPTURE

1 Korintus 13:1-3 (TB)
1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.
2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. 

3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

OBSERVATION

Tanpa Kasih Maka Karunia tidak berguna. Tanpa kasih karunia tidak berfungsi. Meski kita mempunyai karunia berbahasa, bernubuat, mengetahui segala rahasia, iman yang sempurna, bahkan membagi-bagikan segala sesuatu bahkan rela mati berkorban kalau tidak bermotivasikan kasih maka:

  1. Sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing
  2. Sama sekali tidak berguna
  3. Sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku

INTERPRETATION

Tanpa kasih, tidak ada gunanya karunia karena hanya akan jatuh pada kemegahan diri sendiri. Tanpa kasih, memberi akan tak bermakna. Pemberi dan penerima akan merasa hampa. Kasih menjadikan karunia yang ada pada kita berfungsi. Karunia ada untuk fungsi tertentu. Tanpa kasih, karunia tidak berguna (1 Korintus 13:1-3).

Penjabaran kasih merupakan karakter Allah (1 Korintus 13:4-8). Tanpa karakter semua talenta, karunia kita itu tidak ada gunanya. Anda bisa mencapai puncak dengan karismamu (karuniamu) namun hanya karakter yang akan membuat engkau tetap ada disana.

Allah adalah kasih (1 Yohanes 4:8; 1 Yohanes 4:16) dari ini kita mengetahui kebenaran bahwa Tanpa Allah di dalam hidup kita maka semua talenta, karunia yang ada di hidup kita akan sia-sia. Karunia tanpa pengenalan Allah secara pribadi tidak akan membawa anda kemana-mana. Milikilah pengenalan akan Allah, milikilah hatiNya yang penuh kasih maka karunia apapun yang ada pada anda akan menjadi efektif, berdampak dan menuntun orang juga kedalam pengenalan akanNya.

APPLICATION

Harusnya pelayanan kita adalah output dari hati yang dipenuhi motivasi kasih, output dari karakter Kristus, dan out put dari pengenalan kita akan Tuhan. Jangan menjadikan rupa-rupa karunia untuk diri sendiri atau kelompok komunitasnya saja. Seolah-olah kita hidup di sorganya kita sendiri. Kasih harus menggarami dan merekatkan karunia yang satu dengan yang lain demi kebaikan hidup bersama di bumi.

PRAYER

Aku mau mengenal Engkau lebih lagi ya Tuhan. Aku mau mengenal Engkau hari ini lebih baik dari kemaren. Berikan aku hatiMu sehingga lewat apapun yang Engkau berikan padaku, lewat hidupku orang lain juga bisa mengenal Engkau.

Leave a Reply

