Devotion

Introspeksi

SCRIPTURE

2 Korintus 13:5 (TB) Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji. 2

Korintus 13:5 (BIMK) Coba kalian menguji diri sendiri apakah kalian betul-betul hidup berdasarkan percaya kepada Kristus! Pasti kalian menyadari bahwa Kristus Yesus ada di dalam kalian! —lain halnya kalau memang kalian tidak sungguh-sungguh percaya.

OBSERVATION

Jemaat di Korintus ini memang kontroversial. Di satu sisi mereka terlihat memiliki gairah rohani yang luar biasa, terutama dalam kehausan akan karunia-karunia Roh yang spektakuler (1Kor. 12, 14). Di lain sisi, kehidupan moral mereka sangat duniawi.

Juga keterbukaan mereka kepada pengajar-pengajar palsu membuat mereka ada dalam bahaya tidak bertahan di dalam iman. Maka Paulus mendesak mereka untuk memeriksa diri. Maksudnya, bukan sekadar tahu doktrin dan bergairah akan karunia-karunia rohani, tetapi untuk memastikan bahwa Kristus benar-benar ada di dalam mereka (2 Korintus 13:5).

INTERPRETATION

Hal yang Paulus minta untuk dilakukan oleh jemaat Korintus adalah Instrospeksi diri. Introspeksi merupakan proses pengamatan terhadap diri sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, introspeksi diri merupakan peninjauan atau koreksi terhadap perbuatan, sikap, kelemahan, serta kesalahan dari diri sendiri.

Introspeksi diri dapat membantu kita untuk bercermin tentang diri dan kehidupan kita selama ini. Hal apa yang telah dilakukannya selama ini, apakah semakin membawa kita serupa Kristus? Serta hal apa yang selama ini telah dilakukan yang baik secara langsung atau pun tidak langsung membuatnya jatuh ke dalam lubang kegagalan.

Yakobus berkata, “Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, dia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja dia memandang dirinya, dia sudah pegi atau dia segera lupa bagaimana rupanya” (Yakobus 1:23-24).

Fiman Tuhan adalah satu-satunya cermin yang begitu jujur memberikan pantulan refleksi siapa diri kita yang sesungguhnya. Namun selain itu ada cermin-cermin lain yang menjadi pantulan dari pihak orang-orang di luar, yang dengan tulus dan jujur memberitahukan bagaimana wajah kita. Mungkin pandangan yang diberikan oleh orang itu sedikit menyakitkan hati kita, sebab dia bisa memberitahukan ada kerut-merut, ada kotoran dan coreng-moreng di muka kita tetapi itu perlu bagi kita. Sebagai anak-anak Tuhan, kita perlu tahu bagaimana orang luar melihat gereja, bagaimana tetangga kita melihat hidup kita sebagai orang Kristen, meskipun tidak selalu pandangan mereka objektif dan benar, meskipun pandangan mereka terlalu kritis dan menyakitkan, tetapi biar itu menjadi cermin yang kita perlu untuk mawas diri dan mengoreksi diri kita.

APPLICATION

Apakah kita sudah mengambil waktu secara berkala untuk melakukan instrospeksi diri? Tanyakan lah pada diri anda beberapa pertanyaan berikut ini sebagai bagian dari instrospeksi hidup kita.

  • Semakin serupakah kita saat ini dengan pribadi Yesus? Apakah kita semakin mengenalNya lebih baik dari hari kemaren?
  • Apa yang sebenarnya kita cari dalam hidup ini? Apakah kita sedang mencari apa yang Tuhan cari? Apakah kita sedang mencari perkenanan manusia atau Tuhan?
  • Dengan motivasi apakah kita melakukan hal-hal yang dipercayakan kepada kita saat ini? Apakah anda melakukannya dengan segenap hati seperti untuk Tuhan dan bukan manusia?

PRAYER

Mazmur 26:2 (TB) Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.

Mazmur 139:23-24 (TB)

23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;

24 lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s