The New You

SCRIPTURE

Efesus 4:17-32 (TB) 17 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia 18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. 19 Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. 20 Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. 21 Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, 22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, 24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang Marisesungguhnya. 25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. 26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu 27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. 28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. 29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. 30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. 31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. 32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

OBSERVATION

Ketika bagian roh kita mengalami pembaharuan maka selanjutnya bagian jiwa kita juga akan mengalami pembaharuan (ay. 23).

Bagian jiwa itu meliputi

  1. Pikiran (pengertian ) (ay. 17-18)
  2. Perasaan (ay. 19)
  3. Kehendak (ay. 24)

Dalam perikop ini terdapat larangan, perintah Tuhan yang harus kita lakukan dalam hidup supaya kita mengalami perubahan hidup.

INTERPRETATION

Untuk bisa mengubah kehendak dan perasaan kita harus bisa mengubah pemikiran kita. Kebenaran akan membebaskan kita dari perasaan dan kehendak yang tidak berkenan dengan Tuhan. Roma 12:2 (TB) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Masih ingat alur perubahan kuncinya di menguabah pola pikir kita. Mengubah sistem believe kita. Mengubah Pola pikir -> keputusan -> perbuatan -> kebiasaan -> karakter -> budaya Keterangan (“->” dibaca “akan mengubah”)

APPLICATION

Coba ambil waktu untuk mendengarkan suara Tuhan dengan menggumulkan hal-hal / Sistem believe kita yang bagaimanakah yang perlu kita ubah? Untuk menjadi the new you dimulai dari mengubah mind set kita.

Perubahan tidak bisa terjadi dalam semalam namun sebuah proses dan perjalanan. Mari belajar peka terhadap pembacaan Alkitab kita setiap hari dengan bertanya 3 pertanyaan ini:

  1. Adakah larangan dari Tuhan dalam perikop yang kita baca?
  2. Adakah perintah yang Tuhan sampaikan dalam perikop yang kita baca?
  3. Hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan / ubah berdasarkan perikop yang kita baca?

PRAYER

Tuhan selidikilah hatiku apakahku aku bersungguh hati padaMu. Nyatakan apa yang salah singkapkan semua yang tersembunyi melalui FirmanMu yang kubaca setiap hari. Dalam nama Yesua Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s