Rahasia Ini Besar

SCRIPTURE

Efesus 5:22-33 (TB) 22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. 24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. 25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya 26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, 27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela. 28 Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. 29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, 30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya. 31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. 32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. 33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

OBSERVATION

Rahasia besar yang dimaksudkan adalah Hubungan Kristus dan jemaat dilambangkan seperti hubungan suami istri. Hubungan kita dengan Tuhan bisa dilihat dari bagaimana relasi kita dengan pasangan hidup kita. Fakta yang bisa ditemukan dari perikop ini adalah bagian bagi pria dan wanita dalam relasi rumah tangga.

1. Bagian Wanita adalah Tunduk kepada suami dalam segala hal seperti tunduk kepada Tuhan. Menghormati suaminya (Ay. 22-24,33)

2. Bagian Pria adalah mengasihi istri sebagaimana Kristus mengasihi dan berkorban bagi jemaatNya dan juga sebagaimana dia mengasihi dirinya sendiri (Ay. 25-30)

INTERPRETATION

Mengapa hal ini penting disebutkan oleh Firman Tuhan karena kita hanya bisa mengasihi Istri dan menghormati suami kita kalau kita sudah mengerti benar tentang bagaimana Kristus mengasihi dan berkorban bagi jemaat, lalu bagaimana kita juga mengasihi dan menghormati Tuhan dalam hidup kita. Itulah sebabnya penting untuk menemukan orang yang juga mengasihi dan menghormati Tuhan, dan juga mengerti kasih dan pengorbanan Kristus seperti kita karena kalau tidak maka besar kemungkinan ia tidak akan mampu mengasihi kita sebagaimna harusnya seorang suami dan juga tidak akan mampu menghormati dan menghargai sebagai harusnya seorang istri.

Yang ditakutkan dari seorang pria adalah dia tidak lagi dihormati dan dihargai oleh istrinya. Yang ditakutkan oleh seorang wanita adalah kehilangan kasih suaminya. Bagaimana cara agar seorang suami mendapatkan hormat dan penghargaan istrinya?

Bagaimana caranya seorang istri mendapatkan kasih suaminya? Bagi saya jawabannya adalah kerjakan saja peran kita masing-masing maka kita akan menuai buahnya. Suami kasihilah istrimu maka engkau akan mendapatkan hormat dan penghargaan darinya begitu juga hai istri hormati dan hargai suamimu maka engkau akan mendapat kasih darinya. Ingat rahasia ini besar. Berjalanlah dalam sebuah relasi hanya ketika anda menemukan orang yang mengerti benar rahasia ini!

APPLICATION

Bagi kita yang belum menikah apa yang perlu kita lakukan? Sebagai seorang pria belajarlah mengasihi orang lain seperti mengasihi dirimu sendiri termasuk kepada orang yang sulit anda kasiihi. Sebagai seorang wanita belajarlah menaruh hormat dan penghargaan kepada orang yang nampaknya lebih rendah dari anda.

Belajarlah mengenal Tuhan lebih dalam setiap hari, mengenal Kasih dan pengorbananNya bagi setiap kita. Pastikan kita hanya memulai relasi kepada orang yang sudah mengerti dengan benar bukan yang asal-asalan. Mulailah hanya ketika anda dan dia siap!

Hargai Tuhan dalam setiap hal yang anda lakukan. Lakukan segala sesuatu dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia

PRAYER

Berdoa minta kekuatan Roh Kudus agar setiap kita bisa mengerti rahasia besar ini. Dan menjadi pribadi yang mengerti kasih dan pengorbanan Tuhan, menghormati dan menghargai Tuhan dalam hidup ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s