Devotion

Double Check

SCRIPTURE

Keluaran 39:42-43 (TB)
42 Tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan melengkapi itu.
43 Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnyalah, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan TUHAN, demikianlah mereka melakukannya. Lalu Musa memberkati mereka.

OBSERVATION

Pada ayat yang ke 43 dikatakan bahwa Musa melihat kembali segala pekerjaan yang telah dilakukan dan menemukan bahwa semuanya telah dilakukan tepat seperti yang diperintahkan. Musa mengecek kembali (double check).

INTERPRETATION

Ada sebuah pepatah yang mengatakan ‘permulaan yang baik dari sebuah pekerjaan adalah separuh jalan dari keseluruhan pekerjaan” namun, banyak pekerjaan yang dimulai dengan sangat baik, disertai ketekunan dalam mengerjakan, dikerjakan dalam kerja sama yang harmonis, dengan pengorbanan diri demi terwujudnya hasil, dll., ternyata tidak diselesaikan dengan baik dan tuntas, bahkan tidak jarang berhenti di tengah jalan.
Pekerjaan yang kita baca ini diselesaikan dengan baik karena orang Israel melakukan tepat persis seperti yang diperintahkan oleh Tuhan. Kita pun juga harus melakukan pekerjaan baik yang telah Allah persiapkan (Efesus 2:10) dengan baik dan sesuai kebenaran firman Allah karena Allah kita adalah Allah yang melakukan segala sesuatu dengan sangat baik.

APPLICATION

Kita pun perlu terus melakukan double check apakah kita melakukan apa yang kita lakukan itu sudah sesuai dengan mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan? Seringkali setelah berlalunya waktu alasan mengapa kita melakukan sesuatu itu sudah mulai bergeser. Tujuan awal kita semakin lama semakin mengalami distorsi. Pergeseran ini awalnya bisa jadi tampak kecil namun di akhir akan membawa perbedaan yang besar dan membawa kita kepada tujuan yang salah. Itulah sebabnya double check itu penting setiap hari. Kita perlu double check hidup kita setiap hari apakah kita sudah bertindak menurut Firman Tuhan atau tidak. Setiap hari sebelum mengawali dan mengakhiri hari marilah kita beri waktu untuk duduk diam dan mendouble-check hidup kita dengan Firman. Karena Firman Tuhan itu akan mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik setiap kita dalam kebemaran (2 Timotius 3:16).

PRAYER

Berdoa minta tuntunan Roh Kudus melalui Firman Tuhan untuk menolong kita hidup sesuai dengan kehendakNya. Tepat seperti yang Ia kehendaki untuk kita perbuat.

Leave a comment