Devotion

Kehadiran Allah

SCRIPTURE

Imamat 6:9 (TB) “Perintahkanlah kepada Harun dan anak-anaknya: Inilah hukum tentang korban bakaran. Korban bakaran itu haruslah tinggal di atas perapian di atas mezbah semalam-malaman sampai pagi, dan api mezbah haruslah dipelihara menyala di atasnya.

OBSERVATION

Peraturan mengenai kurban bakaran dan sajian di perikop ini bukan mengulang kembali detail yang diuraikan pasal 1 melainkan menegaskan tugas dan hak imam yang menyelenggarakan ritual kedua persembahan ini. Tugas imam dalam persembahan kurban bakaran adalah memastikan api mezbah terus menyala selama 24 jam setiap hari (ayat 9, 12, 13) dan membuang abunya ke tempat yang benar (ayat 10-11).

INTERPRETATION

Perintah Tuhan agar api terus menyala menegaskan bahwa kehadiran Allah yang kudus harus terus-menerus disadari oleh umat-Nya. Kita patut bersyukur bahwa berbagai aturan dan tata cara peribadahan ini tidak sekadar secara simbolis telah diwujudkan di dalam Yesus. Oleh karena itu, di dalam Yesus pula kita patut memberi perhatian pada terwujudnya ibadah yang kudus dan berkenan kepada-Nya.

APPLICATION

Dalam 1 Petrus 2:9 kita dipanggil sebagai imamat yang rajani sehingga kita pun harus tetap menjaga kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam hidup kita. Bersyukur karena kita sekarang melakukan gerakan Ibadah harian yang membantu mengingatkan kita akan kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam hidup kita mulai dari pagi, siang sampai malam. Sudahkah kita mengikuti Ibadah Harian dengan rutin? Tidak ada hal yang membuat kita lebih kuat selain kesadaran bahwa Tuhan sedang berjalan bersama kita.

PRAYER

Bersyukur karena Ia Imanuel, Allah yang selalu menyertai kita. Berdoa agar kita bisa sadar dan peka akan kehadiran Tuhan dalam hidup kita.

Leave a comment